(Hello) Goodbye December

Bulan desember adalah bulan dengan berbagai macam rasa, bagai nano nano acur aduk! Kenapa? Di saat temperatur yang semakin menurun, di saat rasa galau, depresi ringan dan rasa hampa mendera namun di saat itu datang pula kehangatan, beberapa diantaranya adalah;

Sinterklaas

Tahun ini aku mengabarkan pada anak anak bahwa aku tidak akan mengisi kado pada sepatu yang telah ditaruh anak anak. Walau mereka tahu tapi mereka tetap mencoba untuk memancing rasa ibaku, berbagai cara telah mereka lakukan seperti memberi umpan kuda Sinterklaas (Americo/Ozosneel) dengan wortel dan selada tapi kado tak kunjung datang jua di pagi hari.

Hingga suatu malam aku begitu terkesima saat mendengar percakapan mereka, bahwa mereka akan bernyanyi terlebih dahulu dengan harapan Sinterklaas mendengar dan akan datang memberi mereka kado, dan saat aku mencuri dengar nyanyian si kembar begitu terdengar merdu ditelingaku, aku sempat memvideokan mereka di kejauhan.

Si kembar bernyanyi di depan sepatu

Tentu saja, mereka tahu bahwa Sinterklaas tidak nyata, tapi mereka menyebutku mevrouw Sinterklaas atau meneer Sinterklaas pada papanya, karena dari sanalah semua kado berasal.

Pakjesavond

Tahun ini kado tidak segunung tahun lalu, selain aku tidak menginginkan kado yang berlimpah juga katena aku tidak banyak waktu untuk membeli kado, namun Luc sudah dari beberapa minggu sebelum tanggal 5 desember rajin berbelanja online, aku hampir menamakan tema pakjesavond tahun ini adalah kado online. Dan tahun ini aku mendapatkan kado yang nyaris sama banyaknya dengan si kembar, terima kasih meneer Sinterklaas 😁.

Optreden

Di bulan desember si kembar naik pentas untuk pertama kalinya bermain piano dan bernyanyi sekaligus, pentas duo. Dibanding peserta lain tentu saja si kembar masih pemula, tapi aku sedikit terkejut saat mereka mendapat tepukan yang riuh dan beberapa guru/pelatih lain menyalamiku dan berkata si kembar bermain baik.

All you need is love

Ini sebuah acara setiap malam natal, sejak aku datang ke Belanda acara Inilah yang akan aku tunggu, aura positif, kebahagian dan tentunya penuh cinta akan aku dapat kan setiap kali nonton acara ini. All you need is love adalah sebuah program acara televisi yang dibawa kan oleh Robert ten Brink adalah acara yang menyatukan pasangan atau keluarga yang berada di tempat (negara) lain.

Kerstvakantie

Jika tahun lalu aku tak mengambil libur di bulan desember, kali ini aku mengambil libur satu minggu, dan di weekend setelah natal kami jalan jalan ke kota Namen di Belgia. Banyak yang kami lihat disana, keindahan Citadel (Castle of Namur), makanan yang lezat, kerstmarkt (pasar natal) dan juga bahasa Prancis. Bahkan saat kami makan di sebuah restaurant yang menurut standard ku adalah sebuah restaurant yang mewah tapi disana tak menggunakan bahasa lain selain bahasa Prancis. Saat kami memasuki rumah parfum di atas Citadel, Luc membelikanku satu botol parfum. Menurut penjaga toko disana parfum bermerk Guy Dellorge adalah satu satunya parfum buatan Belgia.

Sebetulnya masih banyak lagi cerita yang ingin aku Sampaikan di bulan desember, tapi suara kembang api diluar sana kembali memanggilku. Selamat tahun baru 2020. Semoga kesehatan, kebahagian, kemudahan akan kita dapatkan di tahun ini (dan juga tahun tahun selanjutnya😬)

Selamat menikmati hidangan tahun baru kami, apelbeignets buatan Luc beserta si kembar dan baso tahu buatanku.

Apelbeignets biruk rupa namun enak sekali