Kulit Pastel

Sudah seminggu lamanya mengidamkan bikin pastel. Bikin ya bukan makan. Tiba tiba saja terinspirasi saat minggu lalu dibekali dua buah pastel dari seorang teman. Dulu pernah juga bikin pastel untuk pertama kali, tapi langsung berjanji tidak akan bikin lagi diakibatkan keribetan membuat kulitnya.

Dua potong pastel itu aku bawa ke tempat kerja keesokan harinya, aku tawarin pada seorang kolega yang tepat duduk di sebelah ku saat kami break di kantin. Sudah barang tentu si Belanda ini memuji kelezatan pastel tersebut.

Hari senin kemarin sepulang kerja, aku menelepon teman ku itu, aku minta resep kulit lumpia seperti yang dia buat, kukatakan pada nya bahwa aku telah googleling tapi tetap aku ingin tau resep kulit pastel buatan ya karena menurut dia anti gagal.

Dan Inilah resep yang dia gunakan, yang menurut dia hasil pencari an di Internet.

250 gr tepung terigu

50 gr boter

50 gr minyak sunflower

80 gr air

Sejumput garam

Semua diaduk saja, setelah boter ya dicairkan terlebih dahulu. Diuleni hingga kalis, diamkan kira kira satu jam, baru bisa di pakai.

Saat itu aku langsung membuat tiga adonan. Membuat isiannya dari pukul satu siang, dengan harapan pukul 3 siang saat anak anak pulang bisamenyantapnya. Tapi ternyata tidak begitu, aku baru bisa menggoreng sebanyak 7 biji tepat saat makan sore tiba sekitar pukul 6 sore. Pembuatan selanjutnya aku lanjutan pada pukul 8 malam dan baru selesai pada pukul setengah 10 malam.

Dari 3 adonan yang aku buat, berhasil menghasilkan pastel sebanyak 33 buah dengan berat masing masing perbijinya 60 gr.

Melihat perjuangan ku dari siang hingga malam (brenti brenti juga) ternyata membuahkan waktu dan effort yang tidak sedikit. Rasanya pastel yang banyak beredar di toko seharga 1,75 euro satuannya termasuk harga yang murah jiga dibandingkan perjuangan membuatnya.

2 thoughts on “Kulit Pastel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s