Makan apa kita hari ini? Wat eten we vandaag?

Makan apa kita hari ini alias wat eten we vandaag? Ya itulah pertanyaan itulah yang hampir tiap hari dilontarkan oleh Cinta. Jika sedang bad mood, rasanya ingin sekali menjerit jika mendengar pertanyaan tersebut. Tapi eitsss seorang ibu ga boleh gitu ya😁.

Apakah hanya aku saja yang dilanda kepanikan dan kebingungan jika pukul 6 sore segera tiba? Saat jam makan malam telah tiba dimana artinya aku sudah harus masuk dapur, memasak. Kebanyakan (tidak semua tentunya) orang yang tinggal di Belanda mengikuti kebiasaan orang Belanda yang hanya makan panas satu kali yaitu jika makan malam tiba. Kenapa disebut makan panas? Ya, karena ada proses memasak terlebih dahulu, entah itu diatas api, oven atau sekedar masuk microwave, pokoknya ada suhu panasnya.

Jawabannya ternyata tidak, tidak hanya aku saja yang harus berpikir keras jika harus memasak apa untuk hari ini, beberapa ibu ibu bercerita hal yang sama, hanya bapak bapak saja yang lebih santai, mereka memasak seketemunya bahan bahan yang dilihat di supermarket atau di kulkas sekalipun, tanpa banyak mikir sebelumnya harus masak apa. Aneh kan, seharusnya ibu ibu dong yang lebih praktis, karena pengalaman mereka memasak untuk keluarga lebih sering daripada para bapak (setidaknya kenyataan itu yang terjadi di rumah kami).

Nah kebingungan memilih menu masakan untuk hari ini diperlihatkan oleh sebuah iklan supermarket disini, iklan supermarket Jumbo. Iklan tersebut aku banget! Pertama kali aku melihatnya, aku langsung ketawa ngakak pilu. Kok pilu sih? Iya sulit digambarkan, perasaan hati yang tiap detik yang di pikirkan adalah mo masak apa hari ini. Saat sarapan pagi (di surat kabar yang sedang di baca su ami), di baju anaknya, di perjalanan menuju tempat kerja, bahkan saat meeting pun yang ada adalah tulisan ‘wat eten we vandaag’. Agak berlebihan sih, tapi kan disitu intinya.

Dari ide iklan tersebut lah aku mencoba hidup lebih praktis. Yakni memulai memasak ala Belanda yang gampang gampang, saking gampang nya sekarang aku sering masak yang dari bumbu jadi, tinggal stok aja berbagai bumbu dan bahan bahan kering, sisanya seperti sayuran atau daging pendukung tinggal beli ke supermarket saja pas hari H nya.

Berikut masakan mudah ceria yang berhasil aku rekam sepulang kami liburan dari Indonesia. Oh ya selama kami di Indonesia, Cinta tidak pernah bertanya ‘makan apa kita hari ini’ 😁. Eh begitu balik, bahkan hari pertama nyampe rumah dia sudah bertanya hal tersebut.

Foto yang aku tampilkan sengaja aku buat dengan bahan bahan sebelum makanan tersebut jadi. Semua bahannya praktis, cara buatnya pun gampang.

1. Nachos

Favourite mereka bertiga, hingga saat ini hanya Luc yang memasak nachos di rumah, menurut dia gampang saja. Pertama oseng daging giling bersama bumbu taco (seperti dlm foto). Taburkan chips nachos di pinggan taburi daging giling (gahaakt) dan keju diatasnya. Masukan oven sekejap, keluarkan kemudian taburi potongan bawang merah, tomat, salada dan cheese cream. Jadi deh.

2. Kentang schotel

Banyak cara untuk membuat schotel yang berbahan kentang, schotel ala buatanku lah yang hingga saat ini paling mudah menurutku. Pertama siap kan bahan bahan yang gampang di dapat di supermarket, seperti kentang iris yang sudah di masak setengah matang, daging giling, sayuran untuk membuat pasta seperti wortel, bawang bombai, daun bawang, paprika bahkan jamur kan cing sekali pun, pokoknya berbagai sayuran campur yang sudah siap dalam kemasan plastik. Secara bertahap aku masukan daging giling, sayuran, kentang, setelah agak layu baru masukan susu cair, bisa juga di tambah yoghurt tanpa rasa atau pun slagroom cair pokoknya apupun produk susu yang ada di kulkas, setelah itu beri bumbu seperti garam, merica dan bubuk pala. Jika punya royco boleh ditambahkan. Aduk sebentar mati kan kompor. Kemudian semua dimasukan ke pinggan jangan lupa masukan kocok an telur dan taburi dengan keju parut dan siap masuk oven.

3. Chili con carne

Bahannya dasarnya daging giling, kacang merah, paprika, prei, bawang bombai. Pembuatannya lebih mudah dari kentang schotel. Semua bahan tinggal masuk wajan semuanya kemudian masukan kemasan bumbu chili con carne yg telah di campur air. Tralaaa jadi lah dalam sekejap.

4. Suriname roti

Ini makanan kesukaan Luc. Roti sekaligus bumbunya yang dikemas dalam kemasan jar kaca bisa di beli di toko. Bahan dasarnya potongan daging ayam filet yang di masak dengan bumbu siap saji dalam jar (tersedia berbagai merk). Setelah ayam masak masukan telur rebus dan potongan kacang panjang. Makannya dico’el co’el gitu ga pake sendok garpu.

5. Kupat tahu

Ini kupat tahu asal jadi, bumbunya pake bumbu pecel yang tinggal dituang air panas aja (tapi biasanya aku masak diatas kompor). Saking sukanya si kembar akan bumbu kacang (pinda saos) aku sampe mencoba beberapa merk bumbu kacang yang mudah di dapat di supermarket. Akhirnya aku menemukan bumbu kacang yang paling enak dan harganya sangat murah (hal Inilah yang paling membuat ku bahagia😁). Mereknya Koki Djawa ! Ambil yang gado gado, jangan yang bumbu sate. Karena rasanya yang tak karuan. Lontong nya bisa bikin sekaligus, kuat disimpan di kulkas untuk beberapa hari, pembuatan kupat tahu bisa dikombinasikan dengan pembuatan opor ayam di hari berikutnya, jadi kita tak perlu repot repot membuat lontong di hari berikutnya.

Demikian beberapa contoh masakan mudah dibuat dan meriah hasilnya. Selain itu banyak lagi contoh lainnya, seperti berbagai jenis pasta seperti spaghetti atau pun macaroni.

Ataupun berbagai jenis ikan filet yang bisa kita beli dalam keadaan beku ataupun tidak, asal kan telah dibumbui dan tinggal masuk oven atau penggorengan keduanya sama mudahnya, seperti ikan panga filet yang biasa kami santap.

Oh ya tips yang lain, jika sungguh malas masak, biasanya aku menyodorkan tosti pada anak anak. Dijamin semua bahan akan tersedia tiap hari hampir di semua rumah, roti (tidak harus jenis roti tosti) mentega, keju, dan irisan daging asap.

Mungkin kalian bisa menambah kan contoh makanan /masakan yang lainnya yang mudah dibuat untuk makan malam?

7 thoughts on “Makan apa kita hari ini? Wat eten we vandaag?

  1. Keluarga kami tidak mengikuti kebiasaan orang Belanda pada umumnya. Kami makan panas justru hanya siang. Pagi seperti biasa, kalau ga roti ya buah2 macam pisang atau apel. Malam kami makan salad (berbagai macam sayuran mentah, kasih pasta plus protein hewani atau tahu atau tempe saja), kecuali rabu dinernya adalah pancake. Nah makan siang kami menu berat yg biasanya nasi atau kentang. Karena suami kerja, jadi dia makan panasnya di tempat kerja (ada kantin atau beli di luar atau bawa bekal sendiri yang dia masak sendiri pas hari minggu. Masak untuk 4 hari kerja di kantor, karena satu hari kerja di rumah). Kalau aku masaknya ga setiap hari. Per dua atau tiga hari. Untuk masakan Indonesia, aku biasanya stok bumbu2 bikin sendiri misalkan soto, rawon, lodeh, bikin sekalian untuk 4-5 porsi lalu simpan di freezer. Kalau mau yg gampang2 ya spaghetti atau nasi goreng atau tumis2an.

    Yang aku suka programma wat eten we vandaag di 24kitchen. Mereka juga punya resep2 gampang yg ada di 24kitchen.nl

    • Oh ya 24 kitchen, dah lama ga nengok channel tersebut.
      Dulu aku pernah nyoba juga cara untuk tidak setiap hari masak, tapi tak bertahan lama, balik lg ke cara tiap hari masak, cuma sekarang ini gantian masaknya, karena akhir akhir ini aku sedang malas masak

  2. Kalo ga bawa bekel makan siang, aku suka bingung juga mau jajan makan siang apa. Bikin nasi goreng, bihun goreng, atau kwetiau goreng juga gampang teh buat dinner 😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s