Datang dalam keadaan gelap gulita

Hari pertama

4 Agustus 2019

Setelah menempuh 15, 5 jam perjalanan akhirnya kami mendarat di bandara Soekarno Hatta. Tak seorang pun yang menyambut kedatangan kami. Ya, mudik kali ini benar benar sebuah kejutan untuk semua orang, termasuk diriku! Bagaimana tidak, dua minggu yang lalu orang tua ku baru meninggalkan Belanda setelah satu bulan lamanya berlibur di rumah kami. Dan selama mereka di Belanda, mereka tidak tau sama sekali bahwa kami akan berlibur ke Indonesia dua minggu setelah kepulangan mereka.

Rencana awal, kami akan naik bis primajasa menuju Bandung begitu keluar dari bandara, eh siapa sangka saat aku mendorong troli koper aku berpapasan dengan seorang bapak berseragam biru muda, aku pikir dia adalah seorang petugas bandara. Aku bertanya dimana halte primajasa berada, si bapak malah menawari ku untuk naik taksi ke Bandung. Aku malah bertanya emangnya cukup sebuah taksi dengan penumpang 4 orang yang membawa 8 koper? Si bapak menjawab bahwa akan ada berbagai macam jenis mobil yang dapat membawa kami sekaligus.

Setelah deal harga (yg ternyata 4 kali lipat dari harga jika naik travel biasa) tiga orang petugas dengan cekatan segera mendorong troli koper kami menuju mobil ‘taksi’ berada. Pak Sopir yang membawa kami bernama Suroso berasal dari Solo, dia sangat ramah dan sopan. Perjalanan menuju Bandung ditempuh dalam keadaan gelap gulita. Hari itu tanggal 4 Agustus 2019, mulai siang hari hampir seluruh bagian Jakarta dan jawa Barat bahkan konon sepulau jawa tidak ada aliran listrik!

Masalah mulai ada saat sudah berada di dalam kota Bandung, aku kesulitan menunjukan jalan yang benar pada pak supir ke arah jalan Nilem sementara keadaan jalan gelap gulita dan Google maps tidak berfungsi karena koneksi Internet terganggu akibat tidak adanya aliran listrik, untung lah aku segera mengenali jalan setelah melewati jalan buah batu. Aku turun dari mobil bersama si kembar, menekan bel yang tidak berfungsi kemudian memukul mukul pintu pagar dengan batu sambil berteriak permisi. Kulihat seseorang membawa lilin di balik kaca jendela, adik iparku muncul, meletakan lilin yang tengah dibawanya, menjerit jerit kecil melihat Cinta Cahaya, aku masih bersembunyi di balik pagar, kemudian muncul adikku, terbengong bengong mendapati istrinya tengah memeluk si kembar. Dia segera melihat ku yang tengah mematung di balik tembok pagar, datang dan kami berpelukan. Sambil melepas pelukannya adikku bertanya dimana Luc dan mengapa kami hanya bertiga. Senyumnya mengembang saat aku menunjuk mobil yang berada di sebrang rumah, kemudian Luc muncul.

Setelah menjelaskan pada adikku, bahwa tak seorang pun yang mengetahui kedatangan kami sekeluarga, dia menyanggupi bahwa kini dia akan menjadi bagian dalam menjaga rencana kami untuk membuat kejutan pada anggota keluarga lainnya. Besok adalah waktunya kami mengunjungi orang tua untuk membuat kejutan kedatangan kami. Setelah menurunkan 7 koper di rumah adikku, kami segera meneruskan perjalanan ke arah jalan jalan Gatot Subroto dimana hotel Papandayan berada, disana kami berencana menginap satu hari. Adikku dengan mengendari motor mendampingi taksi yang kami tumpangi menuju hotel, sementara Cinta dengan suka cita telah berada di boncengan motor bersama adikku.

Setelah memberikan passport Luc dan memberitahukan bahwa dia telah memesan satu kamar di hotel tersebut secara online, petugas hotel yang melayani kami memberitahukan bahwa nama Luc tak tercantum di hotel tersebut, dengan sigap aku mengeluarkan bukti booking yang telah aku print di rumah dan menyerah ka nya pada petugas tersebut. Si mbak yang ramah itu kemudian sambil tersenyum menunjukan tanggal yang tertera di kertas itu untuk check in dan check out adalah tanggal 18 dan tanggal 19 agustus. Aku melirik Luc yang tengah terbengong bengong kaget disampingku.

Dengan memelas aku bertanya pada si mbak yang ramah dan cantik itu, apakah ada kamar kosong lainnya untuk hari ini?

Kemudian kami berdua mematung saat si mbak menggeleng……

(bersambung)

Advertisements

8 thoughts on “Datang dalam keadaan gelap gulita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s