Lotek di Hari Jumat Siang

Sejak aku kecil dulu, saat ayah pulang sholat jum’at beliau selalu membawa pulang lotek. Jadi menu di jumat siang adalah menu lotek. Eh siapa sangka, saat aku kerja di Bandung, bos ku punya kebiasaan yang sama dengan ayah ku, makan lotek sepulang sholat jum’at. (Oom Djoedjoen apa kabarnya? 😘)

Kini Sepertinya kebiasaan makan lotek di jumat siang akan menjadi kebiasaan baru kami di Belanda. Seperti hari ini, Cahaya datang pada ku sepulang sekolah, menanyakan makan siang apa yg aku siap kan hari ini, aku menawarkan tosti kesukaan nya, tapi dia melihat diriku yang tengah merebus ubi dan sayur sayuran. Bunda bikin gado gado? Tanyanya. Lotek, jawab ku. Dia bersorak girang, mendengar jawabanku. Walau dia harus menunggu sejam kemudian hingga lotek siap disantap, dia tetap antusias menemaniku di dapur selama proses pembuatan lotek.

Setelah lotek tersaji, kami bertiga menikmatinya dengan antusias di luar, dibawah sinar matahari yang bersinar mewah dan berlimpah.

Fijne weekend allemaal bersama orang terkasih ❀️❀️❀️❀️

Oh ya, bagi kalian yang belum kenal dengan lotek, makanan ini berasal dari jawa Barat, di Bandung hampir di tiap sudut ada😁. Ada dua jenis lotek, lotek mentah (sayurannya tanpa di masak lebih dahulu) dan ada lotek masak. Dibuat langsung di cobek besar, dibuat langsung bumbunya di cobek tersebut hingga sayurannya yang langsung di campur di cobek, karena fresh jadi terasa lebih nikmat. Oh ya ternyata buatnya gampang aja dan rasanya tak kalah dengan yang ada di Bandung. Pokoknya lotek jalan macan kalah deh!

13 thoughts on “Lotek di Hari Jumat Siang

  1. Foto loteknya bikin ngiler mbak yayang πŸ˜€ aku pertama kali nyoba lotek pas di jogja. Waktu itu rada bingung apa bedanya sama gado2. Sama2 pake bumbu kacang & mostly isinya sayuran tapi beda nama πŸ˜€

    • Klo lotek yg aku tau, isinya sayuran semua tapi klo gado gado ada telor juga trus bumbu gado gado diguyurin aja langsung di piring yg sudah disusun isiannya itu kayak pecel tinggal guyur, klo lotek isiannya ikut diaduk dulu di cobeknya sebelum disajikan di piring, kira kira begitu. Tapi emang mirip sih😁

  2. Kangennya makan Lotek. Kalo makan lotek, aku sukanya pakai bakwan tanpa lontong. Ih ya ampun bikin pengen makan lotek juga. Tapi di Belanda ini harus siap masak sendiri ya. Haha. Kalo dulu jaman aku di Jogja, tinggal keluar rumah bentar sudah ada warung Lotek.

    • Hahaha ga kasian juga lho Tin😁, ini karena masa kecil ku deket jln macam, bahkan setelah keluar Dr rumah ortu, aku tinggal di jln nilem, klo mudik ke Indonesia pun pasti mampir ke lotek macan krn sobat tinggal disana sekalian mampir jenguk ortunya, tapi ga beli lotek belinya kolak, klo lotek beli di jln buah batu, mengenang lotek masa kecil,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s