Green Book

Awal tahun baru ini setidaknya diawali dengan tontonan film  yang mengesankan. Kemarin setelah hari yang melelahkan, sebelum pergi tidur aku masih sempat nonton film Green Book.

Ini film bagus banget menurutku. Film yang menceritakan tentang seorang pianis yang berdarah Afrika- Amerika yang akan mengadakan tur selama dua bulan di tahun 1962 di daerah Selatan Amerika yang pada saat itu masih racist. Don Shirley (pianist) menyewa Tony ‘Lip’  seorang supir merangkap body guard untuk membawanya melalui tur tersebut.

Perbedaan kelas antara Don dan Tony diperlihatkan dengan manis dalam film ini, dan aku dapat melihat humor berkelas disini. Don yang kaya, berpendidikan, rapi dan sopan harus berhadapan dengan Tony yang dibesarkan dari kelas menengah kebawah, dan berkelakuan seenaknya. Hubungan antara bos dan pekerja menjadi kontras karena tidak pas dimasa itu, karena perbedaan warna kulit. Hal yang aneh karena orang kulit putih lah yang menjadi jongos dan kulit hitam menjadi bos nya. Pada masa itu terutama di daerah Selatan hal tersebut adalah hal yang tidak wajar.

Setiap percakapan antara Don dan Tony adalah hal penuh makna yang dapat aku petik sepanjang menonton film ini. Perdebatan diantara mereka menjadi perenunganku setelah  selesai melihat film ini. Ada kata kata Tony yang menyentuh jiwaku, bahwa dia tau siapa dirinya, bahwa dia tau tujuan hidupnya untuk apa. Mendengar penjelasan Tony mengenai tujuan hidupnya, menurutku adalah sesuatu yang benar adanya. Aku tak akan menceritakan apa isi percakapan itu disini, tontonlah  filmnya.

Film ini pada akhirnya menceritakan mengenai freindship, ketulusan, pengabdian dan kasih sayang. Aku berharap film ini bisa dinominasikan sebagai pemenang Oscar, soalnya bagus banget sih!

 

 

8 thoughts on “Green Book

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s