Ex Rotterdam Schiedam Reunion

5 Agustus 2018

Hari keduapuluh dua

Mungkin tulisan basi dan tidak layak tayang😩, tapi sudah lah lupakan ketidaklayakan dan kebasian!

Meneruskan cerita hari hari saat liburan yang lalu, akhirnya sampai juga ke hari keduapuluh dua. Hari sabtu itu tgl 5 Agustus sehari setelah kami kembali ke Bandung dari Kuala Lumpur, jadwal ketemuan dengan para ‘ ex students PHD di Belanda’ dan diriku akhirnya terlaksana.

Kami janjian makan siang di mall trans beserta keluarga, heboh seperti dua tahun lalu. Dan walau pun aku datang tepat waktu ternyata teman teman yang lain sudah pada datang duluan, keren lho ga pake alesan macet.

Jadi begini, awal pertemananku dengan para student ini adalah dengan cara yang ajaib menurutku. Saat itu aku sedang berada di sebuah tram dengan si kembar yang baru berumur satu tahun. Aku berdiri sambil memegang kereta dorong si kembar, sementara di depan ku berdiri seorang perempuan muda. Wajahnya semakin sumringah saat mendengar aku berbicara bahasa Indonesia pada si kembar.

Wanita muda itu menyapa, kemudian bertanya akan sesuatu yang mustahil dia tau menurut ku, dia bertanya pada ku apakah aku pernah dirawat di rumah sakit Erasmus? Bertanya tentang si kembar disusul pertanyaan pertanyaan yang membuatku terbelalak namun aku Iya kan. Setelah dia yakin, bahwa aku orangnya kemudian dia memelukku.

Kemudian meluncur lah ceritanya, aku dikenal dia hampir satu tahun yang lalu, saat kasus sakitku jadi bagian penelitian di rumah sakit. Dia yg bekerja (penelitian) di salah satu labotarium di Erasmus termasuk orang yang meneliti kasus ku.

Aneh rasanya saat aku berkenalan namun menitikan air mata, saling bertukar nomor telephone dan berjanji akan saling berkomunikasi.

Beberapa bulan kemudian aku diundang ke rumah nya, merayakan ultah anaknya yang ternyata beda setengah tahun saja dengan si kembar, darisitulah aku mengenal sesama orang Indonesia yang tinggal di Belanda, para student! Ada empat keluarga yang kemudian menjadi dekat dengan kami. Tak hanya Luc saja yang nyaman tapi si kembar pun sangat antusias jika bertemu dengan mereka. Luc bilang ngobrol dengan mereka membuat dirinya menjadi lebih muda dan fresh, mereka orang orang muda yang menyenangkan.

Kini walau pun mereka semua telah kembali ke Bandung tapi pertemanan kami tak putus, ada memori indah yang selalu aku ingat tentang mereka. Tentang obrolan menjadi seorang ibu untuk yg pertama kali, memori saat nonton Harry Potter edisi terakhir dan saat itulah untuk pertama kalinya aku pergi ke bioskop di Belanda, pergi piknik, masak rame rame, naik kereta api, ke museum. Empat pasangan suami istri tersebut sama sama sekolah, super sibuk dengan penelitian mereka, masih harus mengurus anak pula.

Kini mereka satu persatu kembali pulang ke Bandung, ada di antara mereka yang bekerja di negara lain, dan saat kami liburan ke Indonesia pun mereka sedang mudik pula di Indonesia. Bagiku mereka tetap keluarga keluarga yang bersahaja yang aku kenal di Belanda, aku pernah melihat salah seorang di antara mereka di TV yang membuat ku bangga dan terharu. Aku juga melihat yang lainnya menerima penghargaan dari suatu badan dunia luar negeri untuk penelitian mengenai obat HIV. Aku juga melihat dua dari mereka saat sidang defense nya. Ikut mengharu biru dan berdoa. Bahkan Luc pun ikut menghadiri salah satu sidang mereka, saat tema yang di angkat berhubungan dengan pekerjaan Luc saat ini.

Pertemuan kami saat ini tak hanya di Indonesia saja, kadang mereka pun masih datang ke Belanda untuk keperluan pekerjaan mereka. Dan kami masih bisa tertawa bersama seperti dulu.

Sehari setelah Pertemuan tersebut, salah satu dari mereka memajang foto kami di medsos, mataku berair membawa tulisan yang menyertai foto tersebut.

Inilah yang dia tulis;

A strong friendship doesn’t need daily conversation,
Doesn’t always need togetherness,
as long as the relationship lives in the heart, true friend are never part.

Advertisements

13 thoughts on “Ex Rotterdam Schiedam Reunion

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s