Just the three of us

Liburan telah usai…… Anak anak telah kembali ke sokolah. Trus ngapain aja sih kami menghabiskan liburan panas yang hampir tujuh minggu itu?

Setelah usai liburan kami selama lima minggu di Indonesia, maka dimulailah liburan selama seminggu sebelum mereka mulai masuk lagi sekolah. Lalu apa saja yang kami lakukan selama di Belanda untuk berlibur hemat? Inilah kegitan kami bertiga selama menghabiskan sisa liburan sekolah anak anak. Hanya kami bertiga saja, tanpa Luc yang harus kembali bekerja.

  1. Piknik

Ini wajib jika cuaca cerah ceria, aku tinggal mempersiapkan makanan dan minuman praktis, biasanya roti yang aku isi dengan salad dan daging. Kalo mau repot sedikit aku bikin bala bala juga kesukaan si kembar, kadang bekal nasi dan rujak untukku sendiri. Kemudian berjalanlah kami bertiga sambil menggusur perbekalan menggunakan tas troly. Tempatnya tak perlu ke Kralingse bos, taman favorit Rotterdamer untuk piknik. Cukup di taman belakang rumah kami, semua fasilitas bermain sudah tersebia. Taman dengan padang rumput yang luas, lapangan basket, meja pingpong, lapangan skate board, kolam kecil dilengkapi bebek bebek penerima remah roti sehabis kita selesai piknik. Dan tempat kami menggelar kain untuk kami berpiknik adalah diantara dua pohon besar. Tempat teduh yang tak pernah dijamah para Nederlander!

IMG_20160512_170121300

Diantara dua pohon besar ini, biasanya aku menggelar ‘permadaniku’

Biasanya di taman itu si kembar akan asyik bermain di pasir, kadang mereka bermain bersama dengan anak lain yang belum dikenalnya atau anak yang telah mereka kenal, setelah puas bermain disitu biasanya mereka menjauhi tempatku berleha leha dan mereka akan menjelajahi taman sampai aku harus mencarinya, biasanya mereka bermain indian indianan. Tapi ada kalanya mereka hanya membaca dan ikut rebahan saja dengan diriku, seperti hari rabu lalu, Cinta sampai asli tertidur disana.

IMG_20160421_172110250

Bermain pasir di taman, oepss dengan jaket lengkap segala, ini foto bulan April dimana cuaca enak  untuk piknik tapi masih terasa dingin

IMG_20160824_160315827[1]

IMG_20160825_162941346[1]

Hari kamis kemarin tgl 25, hari terpanas di tahun ini. Si kembar sampai menanggalkan baju mereka karena basah kuyup bermain air dan hanya menggunakan bikini saja sambil bermain pasir.

2. Jalan- jalan ke Centruum.

  • Onbijt (sarapan pagi) di Hema

Biasanya kami keluar rumah mulai pukul 8.30. Di drop oleh Luc di centraal station Rotterdam. Sementara dia melanjutkan perjalanan ke tempat kerja, kami berjalan menyusuri sisi station dan akan mendengarkan pengamen jalanan dengan terompetnya. Lagunya selalu menggetarkan hatiku setiap kami melewati terowongan station. Si kembar selalu meminta uang receh padaku dan mereka selama satu atau dua menit akan mendengarkan alunan terompet yang dimainkan si meneer tersebut.
IMG_20160817_085655487

Tujuan kami adalah Hema. Toko segala ada itu menawarkan sarapan murah meriah yang tak pernah aku bayangkan sebelumnya. Cukup dengan dua euro saja, maka kita akan mendapatkan secangkir minuman panas (bisa teh biasa bisa juga munt tea, kopi, cappucino atau coklat panas), segelas air jeruk, satu roti isi telur dan satu buah crossant. Tentu saja ada batas waktunya, waktu pemesanan makanan hanya berlaku mulai pukul 9 hingga pukul 10 pagi. Itulah sebabnya kami harus bisa datang di tempat di jam tersebut, jika lebih dari satu menit saja dari jam 10 pagi maka kami tak bisa memesan menu murah meriah tersebut.
IMG_20151223_090950661
IMG_20160224_092125678

IMG_20160817_092934891

  • Bibliotheek (perpustakaan)

Setiap jalan bertiga denganku, si kembar selalu meminta datang ke perpustakaan pusat, bukunya jauh lebih lengkap daripada di perpustakaan dimana tempat kami tinggal. Kadang aku tak mengerti sama sekali, mereka jauh lebih sabar untuk tinggal lebih lama di perpustakaan daripada aku. Bagaimana bisa? Merka yang tak mau duduk diam,  lincah luar biasa akan begitu tenang ketika bertemu buku di perpustakaan?
IMG_20160817_115034031.jpg

  • Markthall, pasar Blaak dan taman di samping Markthall

Hingga saat ini Markthall masih menjadi daya tarik dan penuh dikunjungi orang orang, aku kesana hanya untuk belanja yang ‘tercecer’ di toko Wah Nam. Tak banyak yang bisa aku beli disana karena untuk ukuranku belanja di Markthall cukup menguras uang belanjaku. Jadi jelas saja jika aku tetap berbelanja di pasar Blaak, pasar yang ada di depan Markthall.

Kemudian si kembar akan melihat taman yang ada klimrek nya  yang ada di taman sebelah Markthall. Disana akan terlihat para bapak bapak dengan wajah sayu yang sedang mengasuh anaknya sementa sang istri sibuk hunting sana sini di pasar blaak. (lupakan bapak bapak yang lain! Maksudku adalah suamiku sendiri, dia cukup duduk di sisi taman, sementara aku bolak balik mengumpulkan semua yang aku beli di tempatnya duduk). Setelah cape bergulantungan di klimrek biasanya si kembar meminta es cream yang ada di sebelah Restouran popertjes Seth, jika aku sedang berbaik hati pada si kembar aku akan mengijinkan mereka makan siang disitu. Biasanya mereka masing masing memesan seporsi kecil popertjes dan coklat panas.

IMG_20160817_130151952

Bermain dengan anak lain di taman sebelaha Markthall

  • Patat Bram Ladage

Tapi jika aku sedang berhemat aku hanya membelikan mereka kentang goreng saja. Orang sini menyebutnya patat. Patat popular yang ada dimana mana ber label Bram Ladage. Biasanya nongkrong menggunakan truk besar. Patat dengan porsi terkecil dihargai 2, 40 euro jika ingin ditambah mayones atau sambal kacang tinggal menambah 50 cent saja. Atau bisa juga memesan papat oorlog, yaitu patat yang ditambahi mayones, sambal kacang (pinda) dan irisan kecil bawang bombay. Oorlog artinya perang, mungkin artinya perang rasa di mulut.

IMG_20160817_132405131

Patat Bram ladage di Markthall

  • Kibbeling

Kibbeling adalah jenis ikan, disajikan dalam potongan kecil yang digoreng dengan dilumuri adonan tepung. Kemudian ditambahi saos yang bisa kita pilih sendiri, biasanya saos coctail, knoflok (bawang putih) atau hanya ditaburi kruiden saja. Beberapa tempat untuk saosnya dikenakan biaya lagi, tapi di dekat sekolah si kembar tak ada biaya lagi untuk saos yang kita pilih dan rasanya juga lebih enak, biasanya kami membeli setiap hari rabu atau jumat kemudian kami makan di taman dalam perjalanan pulang ke rumah. Nah kram atau jongko kibeling di pasar Blaak ada beberapa dan harganya lebih murah, banyak orang membeli dalam jumlah banyak kemudian di rumah diolah lagi untuk makan malam, katanya sih suka dioseng lagi ditambahi irisan bawang merah, putih, tomat dan cabe. Kayaknya itu sih resep ibu ibu Indonesia, kalo para ibu bule? Entahlah, mungkin cukup dengan saos saja.

kibbeling

foto van Tore’s Travel Blog

Itulah sekelumit liburan aku dan si kembar, murah meriah tapi menyenangkan luar biasa. Kalau kalian ngapain aja jika jalan dengan buah hati tercinta?

 

Advertisements

15 thoughts on “Just the three of us

    • lumayan banget kalo buat aku :). Sampai saat ini masih tak berjangka waktu, itu sudah lama sekali Hema ada ontbijt murmer gitu, dulu malah harganya 1 euro cuma tidak ada air jeruknya. Selain itu di Hema setiap jam 4 sore ada kofie tea gitu, dulu satu euro sekarang 2 euro, klo dulu satu minuman panas dengan satu potong kecil taart, sekarang satu minuman panas dengan beberapa potong taart cuma harganya jadi dua euro, nah untuk harga baru ini aku belum pernah nyoba, dulu sewaktu satu euro masih suka nyoba.
      Oh ya btw di Ikea juga ada ontbijt murmer gitu…… cuma aku kurang tau dari mulai jam berapa, karena belum pernah nyoba

      • waaaaah asik asiiik, tengkyu infonya mbak…

        kalau hema taart sore itu menggoda tapi tidak ah, hehehe… mending patat met grillsaus ala de muur kalo di enschede (2e+0,50)

        kalau ke ikea ngga mau pagi mbak, capek, karena pasti seharian ngga mau pulang, wkwkwk… kemaren nyoba salmon burger eh kecil (hahaha) jadi karena lapar milih kabeljauw aja >.<

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s