Schaatsen op de straat

Ik vond deze winter was ok. Geen sneeuw, temperatuur voelt als in Spanje, tot nu toe was het de warmste desember ooit gemeten. Jammer begin januari is het veranderen, de temperatuur ging naar beneden.  En dan tralaa….. Vriezen!

Vandaag heeft het KNMI code rood gegeven voor drie provincies, Drenthe, Friesland en Groningen. Dat betekent, geen school, geen openbarvervoer. Weggebrikers wordt geadviseerd niet naar buiten te gaan.

Gelukkig geen code rood in Rotterdam, dus kan ik nog eeen beetje wingkelen in de staad. (Oh jaa, V&D is  failit dus nog ‘moet’ ik koopjes zoeken). Helaas moeten de mensen  in het Noorden van  Nederland thuis blijven.

Ik horde op het nieuws dat er iemand was uitgegleden en is  dood gegaan. Er waren veel ongeluken op de weg. In  het ziekenhuis waren veel beden gezet  zodat personeel kon blijven slapen omdat er veel bot breuken werden verwacht door glijpartijen.

Hoewel kinderen nog veel plezier hebben van deze situatie, ze kunnen op de straat schaatsen. Dat is gek! En grapig!

Net zoals dit  meisje in deze film die schaatst op een gewone straat………….

Advertisements

20 thoughts on “Schaatsen op de straat

    • Ini soal dinginnya Belanda yang tiba tiba di Belanda, akhir desember dinyatakan panas untuk ukuran musim dingin, eh tiba tiba tiga hari kedepan begitu ekstrim dingin sampai sampai badan iklim Belanda menerapkan kode merah untuk daerah di Belanda bagian utara atau atas, artinya warga diharapkan tidak keluar rumah karena licin. Dan kejadian unik saat ini banyak anak anak yang main schaatsen di jalanan, aneh kan, biasanya di danau yang membeku, sekarang di jalanan pun bisa. Dan sekolahpun libur!

  1. Whoaaa Yang, ini kali kedua aku baca kamu nulis in Nederlands. Kuereenn. Salut Yang. Aku sudah disuruh beberapa kali sama suami nulis diblog juga buat latihan schrijven, tapi ntar2 aja deh haha.
    Yang, mau nanya ada beberapa yang typo ya. Openbarvervoer (yg betul Openbaar vervoer klo ga salah), eeen (kebanyakan e), wingkelen (winkelen kan ya harusnya), trus bentuk kalimat pakai dus kalo ga salah ingat begini dus+onderwerp+werkword+anders. Jadinya dikalimatmu dus ik kan….winkelen. Maaf Yang komennya begini, jadi ikutan belajar juga aku dan memotivasiku buat tulisan dalam bahasa Belanda diblog. Ceritanya seruu Yang, sesekali pengen juga ice skating dijalan, tapi Den Haag belum bersalju haha.

    • Hihihi, kamu bener Deny, itu typo, biasa jarang koreksi lagi langsung bablas. Nah itu dia, kadang aku klo ngomong lupa gramatika, perasaan aku paling lambat deh diantara orang orang Indonesia yang tinggal disini dalam berbahasa Belanda, waktu sekolah guruku bilang klo nulis kamu jarang salah dengan gramatika, kenapa kalo ngomong gak dipakai?

      Yang dus juga kamu bener (voegwoord+onderwerp+persoonvorm+ rest+ werkwoord) aku lupa ada voegwoord yang bisa dipakai di tempat dikeduanya. Seru Deny barusan aku jadi buka lagi. Tadi liat ada juga klo ada dua hoofdzin, hoofdzin yang kedua bisa inversi. Pertanyaannya apakah di kalimat yang aku buat bisa dibuat inversi juga. Jadi apakah dus ik kan dan dus kan ik benar dua duanya? Atau secara gramatika tetap salah? Hanya bahasa sehari hari saja, karena begitu aku barusan tanya pada suami, dalam konteks yang aku tulis bisa ditulis keduanya. Katanya sama sama benar, hahaha. Tapi aku kurang yakin akan jawaban dia karena orang Belanda pun kadang gramatikanya salah. Mungkin Deny bisa tanya ama docent di sekolah, hahaha jadi minta tolong, penasaran. Aku cari di internet ada voorbeeldzinnen yang pake dus kan ik
      http://nl.bab.la/woordenboek/nederlands-engels/dus-kan-ik
      Deny, aku seneng komen kamu, jadi aku belajar banyak karena salah satu harapan tahun 2016 aku pingin bahasa Belandaku meningkat, setelah aku rasa malah menurun dibanding dulu (mungkin karena dulu belajar), jadinya ingin dipaksakan menulis beberapa tulisan pake bahasa Belanda, pendek pendek aja. Oh ya tulisan dalam bahasa Belanda sebelunya sudah ada tiga, tapi semuanya tentang Flip de beer, itu tulisan yang sedikit dipaksa karena tulisan itu harus diserahkan ke jufvrouw nya si kembar untuk dibacakan di depan kelas anak anak, setelah Flip de beer menginap di sumah si kembar, ngapain aja sih itu boneka hahaha.

  2. ik begrijp een beetje ^^ karena udah baca beritanya di huff, huehuehue.. lantas yg V&D juga lagi dibahas di kantor, karena ada beberapa yg memilih Voucher V&D sebagai kerstcadeau lantas ngga bs kepake untungnya sy milih VdP alias es krim Van der Poel. yuk ah ngeborong V&D, mbak.. mumpung belum dingin-dingin amat ni (sy di Enschede..)

  3. Hai Maureen, waduh voucher V&D jadi ga kepake? Sayang banget. Udah tiga kali bolak balik kesana sekarang dah cukup hihihi, kebetulan memang sedang butuh beberapa t shirts untuk suami, jadi seneng dpt harga miring.

    • iyaaaaaa… kerstcadeunya 50euro padahal T.T meski tokonya masih ada tapi ternyata ngga berlaku dan ngga bisa dibalikin/ditukerin ke kampus… syukurlaaaaah sy milih VdP alias VanderPoel (tanpa expired date pula ^^)… yuuuk sy traktirin ice cream yaaa kalau ke Enschede…

    • Ya di Belanda bagian utara, ada yg mau buang kantung sampah, sampe terjatuh jatuh hingga dia harus sedikit merayap seperti bayi di bagian yg licin tersebut, kasihan liatnya sekaligus geli

      • Hehehehhe jadi inget dulu pas di Greenland mamiku cerita ada orang jatuh pas lagi bulan seginian, trus ga bisa bangun lagi karena dy rada besar di ukuran. Jadi kaya kura2 yang terbalik XD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s