5 Desember

Delapan tahun lalu di bulan Desember aku menerima kiriman buku buku pelajaran bahasa Belanda bagi pemula dari Luc, yang dikirim langsung dari Belanda ke Indonesia. Buku yang berjumlah tiga buah itu disertai beberapa batang coklat, yang dikemudian hari aku mengenalnya dengan sebutan chocolade letter. Seluruh keluarga intiku mendapatkan coklat yang berbentuk alfabeth sesuai huruf depan nama mereka, tak ketinggalan seluruh ponakanku mendapat coklat tersebut. Luc menyebutkan di dalam surat singkatnya, kado dari Sinterklaas.

Satu tahun kemudian, setengah bulan semenjak kedatanganku ke Belanda aku merayakan Sinterklaas di rumah Sandra dan keluarganya. Luc membeli kado untuk seluruh anggota keluarga sahabatnya itu, kemudian drama pun dimulai, aku yang saat itu tak bisa berbahasa Belanda hanya mengikuti saja, ikut terbelakak saat Ferdinand membuka pintu dan disitu ada karung yang berisi kado kado di depan pintu. Anak anak berteriak heboh. Hanya Tibo saja yang nyengir seperti mengerti bahwa itu drama belaka, sedangkan kedua adiknya menjerit jerit kegirangan. Hari itu aku mendapat beberapa kado kecil dari Sinterklaas. Hmmmm tentu saja dari Sandra dan Ferdinand! Acara di rumah Sandra itu namanya Pakjesavond.

Pakjesavond adalah tradisi Belanda yang diadakan pada tanggal 5 Desember di malam hari. Sinterklaas datang ke rumah rumah dan menyerahkan kado kado di malam itu, dan di pagi harinya pada tanggal 6 desember Sinterklaas akan kembali ke Spanje untuk berlibur demikian  menurut adat yang dipercayai oleh anak anak. Tentu saja semua itu hanya bohong karena orang tualah yang menyiapkan segalnya.

Tahun pertama, kedua dan ketiga sejak anak anak lahir, kami tak merayakan Sinterklaas. Anak anak pun kemudian mengerti dari sekolah dan teman teman, bahwa jika mereka menempatkan sepatu yang diisi wortel, apel atau gambar untuk Sinterklaas di depan perapian, maka keesokan harinya mereka akan mendapatkan hadiah. Hampir aku mengatakan bahwa itu hanya dongeng belaka, tapi kemudian aku menyetujui  usulan Luc untuk membiarkan mereka menebak sendiri apakah itu hanya sekedar dongeng atau bukan.

Desember 2013, anak anak mengisi sepatu mereka. Dan setiap pagi mereka kecewa mendapatkan sepatu mereka kosong, kemudian Luc berkata bahwa Sinterklaas hanya datang pada tanggal 5 Desember saja ke rumah ini pada saat pakjesavond, atau malam tanggal lima Desember saat Sinterklaas membagi bagikan hadiah buat anak anak yang baik dan tidak nakal.

Dan janji Luc pada anak anak dipenuhi, hari itu pada tanggal 5 Desember 2013 satu jam setelah anak anak masuk kamar, Luc membuat kegaduhan, berteriak teriak bahwa ada Sinterklaas, terus terang aku saat itu hanya tertawa saja tak ikut heboh seperti Luc, karena aku tahu anak anak benar benar sudah tertidur. Tak ada reaksi sama sekali dari kamar mereka akhirnya kami membangunkan mereka. Hahaha drama konyol Luc menyambut kedatangan ‘Sinterklaas’ sama sekali tak diketahui anak anak. Tapi untunglah usaha Luc dibayar maksimal oleh Cinta dan Cahaya mereka benar benar kegirangan menerima limpahan kado yang banyak melebihi saat mereka berulang tahun.

Pakjesavond 2013

Pakjesavond 2013

Satu tahun kemudian, ritual menempatkan sepatu di depan perapian terulang kembali. Tak hanya Cinta dan Cahaya yang tambah bersemangat tapi papanya pun tak kalah bersemangat, dia mulai menempatkan hadiah kecil disepatu mereka saat mereka telah tidur. Dan pesta besar pada pakjesavond kali ini tak hanya untuk Cinta dan Cahaya saja karena Luc pun membelikan kado kado kejutan untuk diriku dan juga untuk dirinya. Mendapat kado seperti itu malah mengurungkan niatku untuk tutup mulut pada anak anak bahwa kamilah yang menyiapkan kado kado itu bukan Sinterklaas. Aha!

Pakjesavond 2014

Pakjesavond 2014

Dan tahun ini, temanku merencakan memanggil Sinterklaas ke rumahnya, tiga minggu sebelum tanggal lima dia sudah mengontak Sinterklaas dan membuat deal bahwa Sinterklaas akan datang ke rumahnya pada tanggal 4 desember, tak bisa tanggal lima karena fullbook! Akan ada lima orang anak yang hadir, si kembar, anaknya dan dua ponakannya.

Aku mulai sibuk membeli kado kado kecil buat anak anak. Begitupun temanku. Rencana tinggal rencana, seminggu sebelum hari H, temanku masuk rumah sakit! Aku menawarkan padanya untuk membatalkan Sinterklaas. Tapi dia berkata bahwa mengundang Sinterklaas adalah impian suaminya untuk membuat suprise untuk anaknya. Maka acarapun tetap berjalan, aku mengambil alih. Berusaha semuanya tetap berjalan seperti rencana semula. Dan acarapun sukses luar biasa. Anak anak benar benar mendapat banyak kado. Akupun ikut duduk di pangkuan Sinterklaas dan tentu saja mendapat kado, good girl! Hahaha. Sementara temanku terbaring di rumah sakit dan hanya menerima foto foto dan video singkat yang aku kirim langsung dari rumahnya. Ooohh dear Hanny get wel soon!

Yang membuatku terpana adalah saat Sinterklaas masuk rumah, dia seperti Sinterklaas yang ada di TV, begitulah sosoknya, tinggi, kurus dan silent! Tapi yang lebih mencengangkan adalah saat mendengar komentar Cahaya, Sinterklaas adalah orang yang pake kostum menyerupai Sinterklaas, ini Sinterklaas palsu katanya.

Dipangkuan Sinterklaas

Dipangkuan Sinterklaas

IMG_20151204_182338318

Barulah beberapa hari sesudahnya temanku yang lain berkata padaku bahwa dia pernah mengobrol dengannya bahwa Sinterklaas tidak ada, mereka hanya orang biasa yang memakai kostum Sinterklaas. Bagaimana mungkin Cahaya bisa berkata seperti itu karena pada pakjesavond dia begitu percaya bahwa kado yang dia terima adalah dari Sinterklaas? Hahaha, entahlah.

Pakjesavond 2015

Pakjesavond 2015

Jika tahun depan mereka sudah tak percaya pada cerita Sinterklaas, bisa jadi bahwa pakjesavond tahun ini adalah pakjesavond terakhir di rumah kami. Who knows!

Kalo kalian dapet kado apa tanggal 5 desember kemarin? 🙂 😉 😉

Advertisements

15 thoughts on “5 Desember

    • Ya yg heboh malah ibu bapaknya, anak nya malah tidur nyenyak. Mereka tetep buka kado nya malem malem kita bangunin mereka. Karena namanya pakjesavond artinya buka kado malam malam, itu tradisi disini.

  1. Aduuh senengnya dapet kado. Hahahaha sebenernya anak anak jaman sekarang tau kok santa claus itu emang cuma dongeng tapi ya mereka tetap senang karena dapet kado 😉

    • Disini gema natal ga terlalu ‘merasuk jiwa’ kayak di Irlandia seperti cerita mba Ail. Tapi klo perayaan Sinterklaas heboh banget, Sinterklaas dirayakan mulai pertengahan november sampe tgl 5 desember, hampir oleh semua anak anak Belanda. Malam terakhir Sinterklaas ada di Belanda, waktunya mereka dapat banyak hadiah, konon di Belgia pun merayakan Sinterklaas tapi ga ada acara buka kado malam malam, adanya pagi. Setelah Sinterklaas ‘pergi’ ke Spanyol pada tgl 5 desember malam, barulah aksesoris natal seperti lampu lampu dan pohon natal mulai menghiasi kota dan rumah rumah, dan mereka yg merayakan natal biasanya kirim kiriman kado lg buat kado natal, pada teman, orang tua, mertua dll. Tgl 25 desember biasanya acara kumpul keluarga. Krn kami disini hanya berempat saja jadi kita ga ngapa ngapain klo natal, rencananya tahun ini kami mau gourmetten, berempat saja hehe. Yaitu semacam barbeque mini diatas meja.
      Enjoyed kado nya Mba, Marry Christmas and Happy New Year

  2. Dikeluarga suami ini ga ada budaya tukar kado Yang kalau natal. Sejak mereka kecil. Jadinya ya adem ayem kami ga nyiapin apa2 haha. Eh tapi kami punya pohon natal dirumah. Jadinya sekarang senang lihat pohon ada hiasan warna warni dan lampu. Meriah jadi bikin cantik rumah juga.

    • Krn kami ga ada keluarga di Belanda jadinya kampung adem ayem aja menjelang natal. Heboh nya hanya pas perasaan Sinterklaas saja krn betul betul pesta untuk anak anak.
      Iya ya ada pohon terang rumah jadi warm kesannya. Kami pun pasang pohon krn permintaan anak anak, ini yg ketiga. Dulu dulu aku ga pasang.

  3. anak rohaniku balik lebih cepet seminggu dr schedule co-assnya mba ! kangennya udh ampun2x sm dia. 2 bulan gak ketemu. itu kado aku tgl 5 dec kemarin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s