Merayakan Ulang Tahun

Bisa dibilang aku adalah orang Indonesia yang menikah dengan orang Belanda tapi tidak termasuk pada lingkaran pergaulan orang Belanda.

Jika kenalan yang lain bisa dengan mudahnya masuk ke pergaulan orang orang Belanda, menurut mereka awalnya dari lingkungan keluarga suami. Mereka biasa rutin bertemu entah weekend atau pada saat anggota keluarga lainnya berulang tahun atau hanya acara natal dan tahun baru. Dari acara acara tersebut mereka berkenalan dan ada diantara kenalan ku yang mendapatkan sahabat. Datang ke berbagai acara sama sama, mengasuh anak sama sama atau soal titip tipan anak, bahkan mendapat pekerjaan pun karena informasi dari mereka.

Tapi tidak denganku, aku seorang diri disini, begitupun Luc. Dan kami berdua termasuk orang yang susah berada di keramaian, bisa dibilang susah bergaul. Tahun pertama disini aku hanya mengenal dua keluarga dari temannya Luc saja, itu pun persahabatan mereka telah terjalin dari usia belasan. Sedangkan dari pihakku aku hanya mengenal seorang teman yang datang ke Belanda hampir pada saat yang bersamaan, kami berdua mempunyai guru privat bahasa Belanda yang sama saat kami masih di Indonesia.

Barulah setelah hampir tujuh tahun aku tinggal disini aku meminta izin pada Luc untuk merayakan ulang tahunku bersama orang orang yang dari pertama kali aku ke Belanda mengenal mereka, dan mereka selalu ada untuk kami. Bukan, bukan kami selalu bertemu dalam frekuensi tertentu atau sering telepon, tapi kami selalu saling mengabarkan dan selalu ada di hati walau jarang bertemu. Mungkin istilah yang pertama sulit dilupakan benar adanya, namun sebenarnya karena aku lebih menjaga teman yang sudah ada aripada mencari yang baru.

Luc terkaget kaget saat aku mulai mengumumkan siapa saja yan ingin aku undang. Luc keberatan karena rumah kami kecil dan kami tak terbiasa mengundang banyak orang. Aku mengusulkan dua kali ulang tahun, tapi Luc menolaknya dia tak mau cape dua hari berturut turut.

Ulang tahun akan dirayakan tepat di hari H-nya tanggal 10 Oktober. Email dan whats aap aku kirim. Akan menjadi pertemuan Barat dan Timur. Karena tiga keluarga asli Indonesia (suami istri orang Indonesia), tiga keluarga asli Belanda dan tiga keluarga mix (aku berada diantara keluarga mix tersebut).

Luc sibuk menghitung kursi sementara aku sibuk berpikir masakan apa yang akan aku masak. Aku tak membatasi waktu pada semuanya, jam berapapun mereka bisa, kami welcome. Ini dimaksudkan agar tamu bisa datang silih berganti sehingga rumah tak terlalu penuh. Tiga keluarga menginformasikan akan datang sekitar pukul 2 siang, tiga keluarga akan datang pukul empat sore dan sisanya datang pukul 6 sore.

Hari H pun tiba, tradisi terima kado di temapat tidur dari Luc dan anak anak tetap dilakukan, awalnya aku bersikeras loncat saja dari tempat tidur mengingat berbagai macam olahan yang harus aku kerjakan di dapur, tapi Luc mencegahnya dan menyuruhku tetap di tempat tidur, sementara dia di bawah sibuk dengan anak anak menyiapkan sarapan di bawah. Sarapan naik ke atas ke kamarku diiringi Cinta Cahaya yang menyanyikan lagu ulang tahun, di tangan mereka aku mendapatkan ‘maha karya’ yang indah berupa gambar hasil karya mereka. dari Luc aku mendapatkan bantal untuk menambah tinggi tubuhku jika aku sedang menyetir dan sebuah kamera.

Pukul duabelas siang Luc harus mengantarkan Cinta dan Cahaya ke pesta ulang tahun teman sekelasnya disebuah tempat hiburan dan menjemputnya kembali pukul tiga siang. Dan kehebohanpun dimulai. Tamu pertama datang saat aku belum menyiapkan tumpeng seperti cita citaku sebelumnya. Tampah yang aku beli beberapa tahun lalu di pasar malam dan belum pernah aku gunakan, raib ditelan bumi saat aku mencarinya kesana kemari. Temanku terheran heran saat aku ingin membuat tumpeng tapi tak tau tampahnya entah dimana, mendadak? Ya, jawabku cengar cengir, biar masih hangat nasinya, belaku.

Dan benar saja rice cooker yang berisi nasi berwarna kuning yang aku beri santan dan bumbu bumbu lainnya lampunya berpindah menjadi kuning, pertanda telah selesai dimasak. Ayo makan siang seruku! Lauk tumpeng telah tersedia di meja makan. Temanku trenyuh melihatku, dan mencari akal untuk membantuku membuat tumpeng, aku menyodorkan wadah lebar yang awalnya untuk menata sandwich, potongan keju, worst dan cemilan cemilan ala Barat lainnya. Sandra dan keluarga yang tinggal di kota Mepel datang tepat pukul dua saat kami heboh di dapur dan ikut nimbrung dalam proses pencetakan tumpeng yang berubah menjadi bentuk hati, tumpeng yang tidak mancung lagi….

Sandra gembira melihat aneka macam kue kue yang jika di Indonesia dikenal dengan kue jajanan pasar, lebih terbelalak lagi saat Hani temanku membawa nasi tumpeng hati yang pinggirnya telah ditaburi lauk seadanya dari dapur ke ruang tengah. Tak ada hiasan dari timun, wortel atau salada seperti halnya tumpeng lainnya. Tumpeng hati yang dibuat dalam hitungan menit saja.

Semua bergembira, kami mengobrol dan Luc harus segera menjemput Cinta dan Cahaya. Mereka kembali ke rumah diiringi tamu lainnya yang berencana datang pukul empat sore, tiga keluarga muncul hampir secara bersamaan, satu dari Belgia, satu dari Denhaag dan satunya dari Ridderkerk. Ramai, seru, biasanya aku tak berkutik tak bisa mengajak ngobrol mereka satu satu, tapi kali ini semuanya berbaur, aku bisa duduk tenang dan ikut ngobrol sementara Sandra atau yang lainnya menanyakan pada para tamu lainnya ingin minum apa atau ingin dibawakan apa dari meja. Saling menawarkan makan dan minuman. Hanya tugas Luc yang tak dapat digantikan, barista penjaga mesin kopi, hanya dia yang bisa cepat menyediakan cappucinno.

Perayaan ulang tahun sederhana yang betul betul menyatu satu sama lainnya bisa dibilang sukses, kami semua larut dalam kegembiraan. Sajian baso,siomay, soto ayam, tumpeng dan teman temannya memuaskan mereka yang hadir. Bahkan es buah campur pun tak kalah menjadi primadona. Semua masakan dan kue kue aku semua yang membuat. Good job Yayang! Kata mereka. Dan tentu saja kebiasaan orang Indonesia yang selalu menawarkan makanan untuk dibawa pulang berlaku pula padaku, sebagain tamu mau membawa pulang makanan. Bahkan saat Paul menjinjing beraneka macam kue pasar buatanku, dia bergumam sambil memelukku….aahhhhhhh atmosfir ini yang aku rindukan dari Afrika Selatan. Paul dan Anne menghabiskan masa kecil mereka di Afrika Selatan. Dan party pun berakhir pada pukul sebelas malam.

Selamat ulang tahun Yang, semoga selalu sehat dan bahagia! Terimakasih buat semua teman dan keluargaku di Holland yang telah datang pada hari itu, semua yang aku undang semuanya datang.

Kue Jajana pasar. Lumpia, pastel, dadar gulung, lapis legit, ketan serundeng

Kue Jajana pasar.
Lumpia, pastel, dadar gulung, lapis legit, ketan serundeng

Yeahhhhhhh 6 years old! Ketauan ga modal pake lilin bekas Cinta Cahaya :)

Yeahhhhhhh 6 years old!
Ketauan ga modal pake lilin bekas Cinta Cahaya πŸ™‚

DSC00045DSC00064DSC00051DSC00038DSC00035

Paul and Luc

Paul and Luc

Nasi tumpeng jadi jadian

Nasi tumpeng jadi jadian

Es buah

Es buah

Rainbouw cake yang sukses berat, karena rasanya yang enak.  Aku membuat dua kue taart, Cinta dan Cahaya yang menghias kue taar ini

Rainbouw cake yang sukses berat, karena rasanya yang enak.
Aku membuat dua kue taart, Cinta dan Cahaya yang menghias kue taar ini

Diantara tamu yang hadir

Diantara tamu yang hadir

FB_IMG_1444996539047[1]FB_IMG_1444996522954[1]

43 thoughts on “Merayakan Ulang Tahun

  1. Wahhh. Happy bday Mbak Yayang. Moga dilimpahi berkah olehNya. Untuk mbak dan keluarga.

    Seru ya acaranya. Gak kebayang nyiapin semua itu. Ribetnya pasti deh bener2. Tp hepi kumpul sama teman2 ya. God Bless Mbak.

  2. Gefeliciteerd met je verjaardag Yang. Sehat dan bahagia selalu. Barakallah. Waahhh kamu hebat ya bikin jajanan pasar sendiri. Printilannya banyak itu. Tapi kalau semua suka, capek bikinnya jadi terbayarkan ya. Seneng banget rasanya.
    Aku beberapa kali diajak suami ke pesta ulang tahun temannya. Juga kalau dikeluarga ada yang ulang tahun. Awalnya garing ya secara aku belum bisa bahasa Belanda. Kesini jadi lumayan ngerti mereka lagi ngobrol apa dan bisa jawablah kalo ditanya haha. 2 kali bawa kue ulang tahun bikinan sendiri buat mereka, habis dalam sekejap. Kata mereka kueku enak. Senang rasanya *padahal belum pernah bikin kue ultah sebelumnya. Modal nekad sambil lihat resep di youtube :)))

    • Wah bagus Deny, gunakan kesempatan kumpul dgn orang orang Belanda walau hanya di acara ulang tahun, dari situ bisa awal mula mengenal tata cara mereka. Betul kan lama lama jadi bisa ngobrol juga dgn mereka. Nah idee bagus bawa sesuatu hasil karya sendiri, mereka biasanya antusias dan lbh menghargai hasil karya kita.
      Makasih Deny doanya, Aamiin YRA 😘😘😘

  3. Yayang van harte gefeliciteerd yah πŸ™‚ bagus sekali tumpeng bentuk hati nya, unik! πŸ˜€ Hebat yang, semua disiapin sendiri..begitu lah ya ultah di Belanda, kita yg repot ya yang hihihi. Enak2 semua yang makanannya.. Ada yg nyisa gak?

    • Hihihi saking bingung nya mo diapain tuh nasi kuning, ambil bak vorm bentuk hati jadi deh.
      Untungnya lumpia dan pastel dah bikin seminggu sebelum nya, masuk freezer tinggal goreng deh pas hari H nya.
      Makasih Oppie ucapan nya, gimana si ganteng? Pasti lg masa ngegemesin ya… Ohhhh enjoyed…. Asyik banget masa masa itu, kangen.

  4. happy birthday mbaaa … sehat dab sukses selalu. aduh itu keren banget tumpeng love-nya. harusnya di sini gitu ya. bosen ngeliat yg bentuk kerucut mulu (* dilempar tampah *). btw, itu jajanan pasar mba yg buat semuanya ?! aje gile mbaaa, pinter banget si mba yayang. udh kayak yg dijual di toko kue tuh model2xnya. mantep mbaaaa !!! rainbownya kayaknya memikat yaaaaas (* ngiler *)

    • Tumpeng nya jadi bentuk love krn ga punya cetakan kerucut, yg ada bak vorm bentuk hati ama ikan langsung deh ambil yg bentuk hati, dan tralaaaa gampang banget.
      Kue jajanan pasarnya kepaksa bikin sendiri, klo ada di Bandung tinggal beli deh di kartika sari😁.
      Makasih Evy buat ucapan dan compliment nya😍

  5. happy birthdaaaayyyy,….barakallah fii umrik. itu penampakan semua makanannya kalo disini kualitas ketring…mantap pisan and looks yummy. btw, kenapa om luc difoto ama ‘si kasep’ posenya begitu ya, nampak seperti pangku pangkuan -:) *salah fokeus

    • Makasih Jo. Aamiin YRA.
      Hahahaha itu Tibo, udah mo 15 tahun januari thn depan tapi msh suka becanda minta dipangku Luc. Tapi dia anaknya top banget mungkin krn anak paling besar jadi dia selalu bantuin dan jagain adik adiknya yg tiga orang itu, untuk ukuran disini satu keluarga anaknya 4 termasuk keluarga besar😊

  6. happy belated birthday mbak yayang….. semoga selalu diberkahi, dilindungi dan diberi kesehatan oleh allah swt untuk mu dan keluarga kecilmu dan may all your dreams come true πŸ˜€

Leave a Reply

