Setengah tahun di Portugal, setengah tahun di Belanda

Hari ke tujuhbelas

Rencananya hari ini dis rumah saja, beres beres karena hari sabtu esok kami harus melanjutkan perjalan lagi. Tidak mengambil tute saat kami datang tapi mampir dulu ke Madrid Spanyol.

Sejak kemarin Angela tidak ada bersama kami, pagi pagi sekali dia menjemput temannya di airport di kota Faro. Sebelum diantar kerumahnya Inez akan mampir ke tempat kami dulu untuk bertemu. Sejak si kembar lahir, Inez temannya Angela selalu berencana bertemu kami, tapi tak pernah berhasil. Selalu waktunya tak tepat. Saat kami ke Portugal, dia sedang berada di Belanda. Jadwalnya adalah saat musim panas dia tinggal di Belanda, dan saat musim dingin dia tinggal di Portugal.

Penampilannya sedikit tomboy seperti Angela, tubuhnya yang jangkungnya harus membungkuk setengahnya demi dapat mencium pipiku. Orangnya spontan tanpa basa basi. Katanya akhirnya dia gembira bisa bertemu dengan kami terutama dengan si kembar yang terkenal itu katanya, hahaha. Kami mengobrol sebentar, benar benar sebentar. bahkan saat aku menawarkan minumpun dia menolak. Mungkin hanya sekitar lima belas menit dan dia pamit diantar Angela ke rumahnya.

Seperti kebanyakan orang Belanda atau Inggris yang tinggal di Algarve, sebagian dari mereka memilih hidup setengah tahun di Portugal dan setengah tahun di negara asalnya. namun banyak pula yang memilih seperti Angela, pindah untuk selamanya. cuaca adalah alasan yang mereka pilih mengapa mereka hidup di dua negara, dengan begitu mereka dapat menikmati musim dingin yang tidak terlalu dingin di negara Portugal demi menghindari musim dingin yang ekstrim di negaranya.

Aku sedikit tak paham saat Inez berkata bahwa di bulan september dia akan kembali ke Portugal bersama suami dan anjingnyanya yang saat ini keduanya masih di Belanda, nanti mereka akan menggunakan mobil minibus yang lengkap dengan tempat tidur,  seperti halnya saat mereka kembali ke Belanda menggunakan jalan darat.

Tapi ini masih musim panas dan dia sudah kembali ke Portugal? Seorang diri pula. Bukankah sebulan yang lalu dia baru meninggalkan Portugal dan seharusnya kembali nanti bulan  September? Dan saat aku tanyakan pada Angela berapa lama Inez akan tinggal di Portugal, dia menjawab hanya seminggu saja.

Kemudian Luc berkata, jangan jangan dia ingin balik ke Portugal hanya untuk bertemu dengan kami? Angela dan aku hanya tertawa mendengar gurauan Luc. Tapi betapa terkejutnya aku dan Luc saat Angela, mengangguk. Hahahaha mevrouw bukankah kita bisa bertemu di Belanda?

(bersambung)

Advertisements

5 thoughts on “Setengah tahun di Portugal, setengah tahun di Belanda

  1. Menurut saya itu yang bikin terharu mbak , hanya ingin bertemu mbak yayang dan keluarga, sayangnya koq ya cuma 15menit, jam terbangnya tinggi kali ya mbak mungkin jadwal kosongnya pas bertepatan mbak yayang di Portugal hehehehe. Btw, saya kira keluarga suami mbak yayang orang portugal kemudian suami mbak yayang pindah ke Belanda. Sungguh cuaca bisa bikin orang beralasan sampai pindah negara 🙂

    • Iya terima kasih Rangi, itu bikin kita terharu juga, tapi pada kami dia bilang juga karena akan mengecek air di rumahnya dan kadang dia ingin punya waktu untuk dirinya sendiri pula, seminggu tanpa suami katanya. Inez dan beberapa teman Angela lainnya, memang saling tolong menolong. Setiap aku ke Portugal kadang kami juga ikut dengan Angela untuk menyiram tanaman di rumah Inez seminggu sekali atau rumah teman yang lainnya, saat mereka kembali ke Belanda. Menurutku mertuaku termasuk orang yang sosial gampang membantu orang lain. Sungguh indah hidup saling tolong menolong …..
      Hihihi betul, selain cuaca yang jadi alasan, alasan utama karena Living cost di Portugal lebih rendah dari pada di Belanda. Dan tentu saja cuaca yang bersahabat menambah bonus untuk memilih pindah ke Portugal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s