Pesta Ulang tahun

Hasil karya Cinta dan Cahaya di sebuah pesta ulang tahun

Hasil karya Cinta dan Cahaya di sebuah pesta ulang tahun

Di bulan April ini Cahaya mendapat undangan ulang tahun sebanyak tiga pesta. Ini tahun kedua mereka sekolah di sekolah dasar, dan tentunya aku semakin berpengalaman menyiapkan anak anak ke pesta ulang tahun. Jadi ga ada istilah terbelalak heran seperti tahun kemarin, atau tangisan salah satu anak yang kecewa karena tak diundang, seperti cerita disini.

Berikut adalah pengalaman yang aku dapatkan tentang ulang tahun anak anak di Belanda.

* Biasanya kartu undangan di sebar Β kurang lebih dua minggu sebelumnya, si anak yang mengundang langsung memberikan kartu tersebut pada anak yang diundang didampingi orangtua si anak.

* Seperti kartu undangan pada umumnya, disitu dicantumkan tempat, waktu dan juga catatan yang menyebutkan jika anak yang diundang alergi terhadap makanan tertentu maka si orangtua harus menginformasikannya.

* Setelah kita menerima kartu undangan biasanya kita harus mengconfirm apakah kita akan datang ke pesta itu atau tidak. Confirm dari pihak yang diundang sangat penting karena urusannya berkaitan dengan pemesanan tempat. Biasanya ulang tahun anak anak diadakan di Fun Park Indoor (seperti Kid Plyaground) atau di restaurant yang disukai anak anak seperti di Pannenkoeken Boat.

* Disini pesta ulang tahun teman teman sekolah biasanya diadakan pada hari rabu, karena hari tersebut anak anak sekolah setengah hari saja. Biasanya pihak pengundang akan memeberitahukan guru kelas siapa saja yang akan datang ke pesta ulang tahun, hal itu memudahkan pihak orangtua untuk tidak menjemput anaknya disekolah, karena anak anak tersebut akan diambil alih oleh orangtua si pengundang. Biasanya seusai pesta anak anak akan diantarkan ke rumah.

* Jika pesta diadakan di Fun Park atau Restauran biasanya jumlah anak yang diundang tak sebanyak jika pesta diadakan di rumah, biasanya 4 hingga 8 anak saja.

Nah untuk urasan kado, kisaran harga berapa sih kado yang harus diberikan? Untuk urusan ini aku tak banyak tahu, secara hingga saat ini aku belum pernah membuat pesta untuk Cinta dan Cahaya di Belanda (apalagi untuk aku dan Luc) Jadinya aku tak banyak tahu ukuran kado yang diterima. Menurut Luc sebaiknya kado yang diberikan pada anak yang berulang tahun bukanlah kado yang mahal, karena menurutnya ‘kasian’ kalo kado yang diterima dari temannya lebih fantastis atau mahal dari kado yang diberikan orangtua si yang berulang tahun, karena kado dari orangtua haruslah menjadi raja. Hahaha entahlah apakah itu kata lain bahwa kita cukup pelit untuk urusan kado? Tapi aku pernah menerima keluhan dari salah satu orang tua yang yang berulang tahun, sambil datang padaku si ibu berkata bahwa kado yang diberikan Cahaya untuk anaknya terlalu mahal. Saat itu aku memberikan boneka mermaid yang harga awalnya 30 euro tapi aku membelinya seharga 15 euro saja alias sedang korting! Kalo si ibu itu tau aku beli kado dengan harga korting pastinya tak akan ada keluhan hahaha.

Berdasarkan pengalaman itu, aku dan Luc sepakat memberikan kado ulang tahun seharga kisaran 10 euro saja (jika aku berhitung uang yang dikeluarkan si pemberi pesta tentunya lebih besar untuk setiap anak yang diundang, untuk masuk fun park saja biasanya kena harga tiket masuk 7 hingga 8 euro per anak, belum makanan dan minuman yang harus dipesan, biasanya patat dan frikandel/kroket plus apel mouse.

Oh ya yang harus diingat, jangan memberikan kartu tersebut di kelas saat anak anak masuk kelas, usahakan jangan terlihat anak lainnya. Hal tersebut pernah terjadi padaku, saat seorang anak memberikan kartu pada Cahaya ada anak lain yang berkata pada ibunya….. Cahaya sering sekali di undang ke pesta ulang tahun, sedangkan aku tidak! Mendengar ocehan anak kecil umur 5 tahun tentu saja tak hanya merobek hati si ibu, tapi aku dan juga mungkin si ibu yang memberikan kartu undangan pada Cahaya.

Dan ingat walaupun mereka anak kembar, tak selalu keduanya diundang, dan karena Cahaya lebih sering di undang, aku dan Luc selalu mengingatkan bahwa tak baik membuat Cinta bersedih, karena kadang Cahaya mengejek Cinta dengan memperlihatkan kartu undangan pada Cinta berkali kali, sementara Cinta hanya melirik menegarkan diri…. aaih sayangku.

Biasanya setiap pesta mempunyai tema, jika pesta tersebut diadakan di rumah, anak anak akan membawa hasil prakarya yang dibuat selama pesta berlangsung, misalnya Tshirt yang digambari sendiri, membuat tempat pinsil dari gelas yang cantik dan semua itu akan mereka bawa pulang.

Tshirt yang digambari sendiri,  warnanya sudah pudar ;)

Tshirt yang digambari sendiri,
warnanya sudah pudar πŸ˜‰

Dan yang paling penting adalah untuk memberi makan dulu sebelum anak tersebut ke pesta (jika pesta tersebut diadakan di jam bukan makan siang atau malam), seperti kejadian tanggal 4 april yang lalu… Dalam undangan disebutkan bahwa anak anak akan dibawa ke studio balet, pesta diadakan mulai pukul 2 siang hingga pukul 5 sore, itu artinya anak anak tak akan diberi makan siang, perkiraanku mungkin hanya taart dan chips saja. Dan betul saja, begitu anak anak datang ke rumah mereka berteriak teriak diantara gembira dan penderitaan….bunda bunda, aku lapar, aku haus. Saat aku menyodorkan minuman dan meminta mereka duduk tenang untuk menceritakan apa saja yang mereka kerjakan di pesta tersebut, secara berebutan mereka menjawab… kita bikin tempat pinsil, kita nonton balet, kita gak lari lari lho dirumahnya Fe, kita rustig lho! Trus kamu makan apa saja sampai kelaparan gitu? Kita makan taart saja seru Cinta, aku ga makan apa apa seru Cahaya. Kenapa? Tanyaku. Taartnya ga enak! Aku dan Luc menahan senyum, kemudian Luc berkata tapi kamu tak mengatakan itu kan pada orangtuanya Fe? Hhmmmmmm…. aku cuma bilang aku ga suka taartnya. Kata Cahaya lirih.

Advertisements

27 thoughts on “Pesta Ulang tahun

  1. hahaha,aduh Cahaya jujur banget jadi orang :-), kalau perayaan ulang tahun disini biasanya orang tuanya juga tetap ikutan di undang mbak, saya beberapa kali datang ke pesta ulang tahun anak2 teman kerja suami, padahal kami belum punya anak tapi di undang juga buat makan2 πŸ™‚

    • Hihihi iya lain tempat lain budaya, Kalo disini biasanya yg ngundang ulang tahun sekalian dgn orang dewasanya biasanya acara keluarga saja dan temen delay diundang. Tapi kalo pestanya anak2 ya yg dateng anaknya saja dan biasanya anak yg diundang adalah pilihan si yg ulang tahun, bukan pilihan ortunya. Budaya Italy sepertinya mirip dgn budaya orang Indonesia yg sering banyak ngundang orang kalo ulang tahun.

    • Sebetulnya yg lebih ramah dan tertarik ke orang orang itu Cinta, dia lbh open dan suka ngomong, sementara Cahaya lebih pendiam. Dan sepertinya Cinta lebih populer dari Cahaya diantara anak anak di kelas yg lbh atas, terbukti setiap pulang sekolah anak2 yg lebih besar selalu ada yg memanggil nama Cinta dan ada satu anak Groep 8 atau kls 6 Sd klo di Indonesia kasih lukisan karyanya untuk Cinta dan di lukisan tsb itu di tulis voor Cinta. Kita juga ga ngerti kenapa Cahaya lebih banyak yg diundang. Mungkin ada faktor krn mereka ga sekelas, dan mungkin kebanyakan temen sekelas Cahaya lbh banyak yg merayakan ulang tahun selain di sekolah, oh ya setiap ada anak ulang tahun ternyata mereka harus traktir atau yg disebut uit delen semua temen sekelas nya dan di rayakan di sekolah dgn nyanyi, traktirannya paling kue satu buah dan biasanya sekolah menyarankan traktirannya yg sehat contohnya buah buahan bisa satu buah pisang atau apel.
      Hari rabu setengah hari sudah sudah jadi ketentuan disini. Anak2 Sd sekolah mulai pukul 8.30 hingga 15.00 kecuali hari rabu sampai pukul 12.30.
      Kalu tertarik tentang seluk beluk sekolah dasar disini ada dipostingan yg lalu judulnya mari sekolah

    • Hihihi kelihatan nya jadi seperti itu ya ribet dan rempong, tapi klo dilihat prakteknya lebih praktis. Misalnya klo bawa ke fun Park paling anak anak hanya ditemani ayah dan ibu yg punya pesta atau ipa oma. Mereka tinggal bawa dari sekolah hingga tujuan kemudian anak2 di biarkan bermain kemudian makan disitu tinggal beli biasanya pesan sebelumnya seperti pesta anak di Mac Donald, biasanya cuma 3 jam atau 4 jam hingga kembali lagi ke rumah.

  2. Cinta Cahaya Cahaya Cinta lucu banget, tapi aku mikir bagaimana caranya ngasih undangan Ultah tanpa diketahui teman lainnya?
    Saya bisa mengerti kl sekelas diundang pengeluaran akan terlalu besar, tapi kasihan gitu kalo yg diundang cuma beberapa.
    Dan, pengalaman liat ultah anak2 di negeri sendri biasanya nyanyi nyanyi trus games pulangnya dpt binglisan. Ide bagus kl ultahnya bertema ya mbak, bikin prakarya trus di bawa pulang spt milik cinta cahaya πŸ™‚

    • Iya sih susah padahal udah ada aturannya dari sekolah klo ngundang pesta di luar sekolah, undangan nya mesti dikasih pas diluar jam sekolah atau diluar halaman sekolah. Tapi krn cinta cahaya msh duduk di Groep 1/2 jadi ortu boleh masuk selama 20 menit nemenin anak dikelas, biasanya kita bacain buku dan disturbed juga ajang ortu ngasih undangan padahal ga boleh di dlm kelas. Tapi ada juga ortu yg ngundang lewat whats Aap atau email, sebelumnya mereka minta nomor telpon kita atau email. Setiap confirm apakah cinta cahaya akan datang ke pesta ultah, kita selalu confirm lewat email, aku dan suami termasuk yg menghindari percakapan antara ortu di sekolah hehehe, kita pendiam lho

  3. aduuh..,, kasian kalau salah satu dari si kembar nggak diundang
    nggak masalah kalau yang ngundang itu temenan sama salah satu anak saja,
    ada nggak kejadian their mutual friend hanya ngundang cahaya atau cinta aja

    pasti susah nih tugas buat ngademin hati anak

    • Cinta Cahaya emang ga sekelas, tapi kelas mereka berhubungan dan bersebelahan, krn ada 6 pasangan kembar disitu, mereka harus pisah dr pasangan kembar ya cuma ya klo istirahat mereka ya sama sama bahkan ada pelajaran tertentu dua kls itu digabung. Sahabat nya cahaya untuk kedua kalinya ga ngundang cinta, tapi sahabat cinta tgl 4 april kemarin ngundang cahaya juga. Lucu atau miris nih aku dpt laporan dari cinta klo cinta ga boleh main ama cahaya oleh sahabat nya cahaya, setiap cinta mo nyamperin cahaya waktu istirahat sahabat nya cahaya bilang ke cinta, kamu ga boleh main ama kita krn kamu bukan club kita, ya ampun…. Anak 5 setengah tahun begitu…..

  4. Ternyata beda ya teh, sama acara ultah anak – anak di Indonesia. πŸ™‚
    Kasian banget Cinta,,, 😦 yang ngundang tega banget, masa kembarannya ga diundang

  5. Berati yg diundang kaya semacam temen deketnya gitu, ya teh?
    eksklusip pisan, nya :D.

    nama lengkap cahaya cinta siapa teh? hihi.. maap baru nemu blog ini soale..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s