Donat vs Oliebol

Dari kemarin anak anak sudah merengek rengek ingin membuat cup cake, berhubung mereka hanya suka membuatnya saja dan tak mau memakannya, aku memaksa mereka untuk mengurungkan niatnya membuat cup cake dan mengganti dengan membuat donat saja.

Bercerita tentang membuat donat kentang adalah obsesiku sejak kecil. Aneh ya? Semuanya terinpirasi sewaktu aku kelas lima SD dulu, aku mempunyai teman yang ibunya bisa membuat apa saja. Sampai suatu hari beliau membuat donat yang super lezat, saking lezatnya aku berkali kali menceritakan pada ibuku bahwa donat yang dibuat ibunya Rini itu terbuat dari kentang, aneh kan? Kata ibuku ibu temanku itu memang hebat dan ibuku berharap suatu hari nanti aku bisa  membuat donat kentang seperti buatan ibunya Rini itu, padahal saat itu aku berharap ibuku mau membuatkannya untukku. 🙂

Dan siang ini sibuklah kami bertiga membuat donat kentang, dengan bahan bahan sbb;
* 300 gr kentang, kupas, rebus
* 500 gr tepung terigu
* 100 gr botter
* 50 gr susu bubuk
* satu sachet ragi instan
* 1/2 sendok teh garam
* 4 butir kuning telur
* 100 ml susu cair

Nah sekarang cara buatnya;
Kentang, botter, susu cair dan kuning telur disatukan dalam baskom dan langsung dihancurkan bisa menggunakan alat penghancur untuk membuat aardapel pure atau pakai mixer. Di baskom lain satukan tepung terigu, ragi instan, garam dan susu bubuk aduk sampai rata, kemudian satukan dengan bahan kentang tadi, uleni sampe kalis. Kemudian diamkan kira kira 10 sampe 15 menit.

Setelah itu bagi bagi berbentuk bulat, dan lubangi menggunakan telunjuk, langsung goreng saat itu juga. Dan tralaaaaaaaaa jadi lah donat buatan Cinta dan Cahaya yang lebih menyerupai oliebollen daripada donat donat cantik yang banyak di jual di Indonesia.
PhotoGrid_1419961230254[1]

Secara kebetulan aku membuka FB dan disitu sudah ada gambar donat cantik buatan Dira dan Mufid, kakak adik yang seumuran Cinta dan Cahaya juga. Tercengang kok bisa kompakan sih? Padahal kan lain negara, hihihihi. Hanya yang membedakan buatan mereka donatnya cantik, ternyata saudara saudara donat buatan mereka adonannya digiling dulu, kayak bikin pizza gitu, trus dicetak pake gelas untuk bolongnya dilubangi pake tutup air mineral. Oalala pinter banget sih mamanya Dira. Okelah kalau begitu, lain kali kita pasti membuat donat dengan trik cerdas ala mereka! Terimakasih ya ilmunya.
FB_IMG_1419960966859[1]

Nah berhubung untuk membuat bolongnya dicetak dari tutup air mineral, jadi ada donat mini yang tercipta, bulat bulat mirip oliebollen, bercerita tentang oliebollen, oliebol adalah makanan khas di Belanda yang muncul pada akhir tahun saja, oliebollen akan ada memeriahkan malam pergantian tahun baru, herannya begitu tanggal satu january tiba, gerobak oliebollen itu akan menghilang juga. Biasanya satu buah oliebol akan dijual seharga satu euro, di daerah kami untuk pembelian 5 euro maka akan ada bonus satu olliebollen. Di tempat lain jika membeli 10 oliebollen maka cukup membayar 9 euro saja.

Apa sih istemewanya oliebol? Menurutku sih biasa saja, hanya tepung terigu dicampur air trus digoreng, trus ditaburi gula tepung, persis donat lah. Hanya donat lebih cantik dari dalam segala hal, cantik dan rasa. Tapi begitu banyak orang lho yang merindukan oliebollen, contohnya Luc! Setiap lihat kram olliebol kesannya pingin mampir saja, walaupun kram kecil yang ada di Praxis saat kami kebetulan belanja disana dua minggu lalu, komentar Luc kasihan ga laku…..  mari kita beli, padahal sih pengen oliebol hahaha.

IMAG0888

Penampakan oliebol krenten yang dijual disini

FB_IMG_1419962016673[1]

Foto kram oliebol tahun lalu ( tahun 2013)

Oh ya setiap tahunnya ada kontes tentang si oliebol ini, olliebol mana sih yang paling enak? Hasil dari AD Oliebollentst 2014 pemenangnya adalah olieballen dari kota IJsselstein, nilainya 10.
http://www.ad.nl/ad/nl/12107/tests/integration/nmc/frameset/varia/oliebollentest_2014.dhtml
http://www.ad.nl/ad/nl/12107/AD-Oliebollentest-2014/index.dhtm

So, kalian bakal pilih mana, donat atau oliebol? Aku sih lebih suka donat. Tapi lain lagi dengan Cinta dan Cahaya, begitu selesai membuat donat hari ini, mereka secara serempak bertanya padaku sambil merayu…. Besok kita bikin cup cake ya Bunda…..

Walah tahun baru, bikin cup cake?

Selamat Tahun Baru 2015 temans….. Semoga di hari mendatang lebih membawa kebahagian dan kedamaian buat semuanya……

Advertisements

10 thoughts on “Donat vs Oliebol

  1. Disini mah anak2 sukanya bikinnya wungkul teeh… Makannya sedikit pisan … 😦

    Wilujeng berakhir tahun teeh, semoga sehat dan bahagia selalu di tahun mendatang…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s