Desember ceria

Ada apa di bulan desember?
Tentu saja Sinterklaas untuk Cinta dan Cahaya yang jatuh tanggal 5 desember.
Sedangkan untukku adalah acara amal 3FM Serious Request yang tahun ini diadakan di kota Haarlem dan memecahkan rekor dibandingkan tahun tahun sebelumnya yaitu sebanyak 12.380.438 euro yang diperuntukan bagi anak anak perempuan dan wanita korban kekerasan seksual di daerah konflik (perang).

Aksi tiga DJ yang dikurung selama 6 hari dalam rumah kaca tanpa makan hanya minum saja (minum aneka juice multi vitamin) selalu mengundang perhatianku. Selalu ada cerita menarik dalam tayangan itu.
http://translate.google.nl/translate?hl=en&sl=nl&u=https://www.haarlemmarketing.nl/serious-request/&prev=search

Dan untuk Luc acara TV kesukaan yang biasanya disiarkan pada malam natal dan bulan January adalah all you need is love. Tayangan yang mempertemukan orang orang terkasih untuk berkumpul di hari natal, mereka adalah pasangan atau keluarga yang terpisah jauh. Tentu saja acara ini selalu mengharu biru, dan aku selalu mengeluarkan air mata jika melihat acara ini, huhuhu. Soalnya selalu ingat ayah dan ibu yang tinggal jauh, sambil berangan angan…. andai aku juga diberi kejutan dalam suasana yang gembira dengan mereka, ongkos dan hotel dibayarin sponsor uhhhh senengnya.
http://www.rtl.nl/all-you-need-is-love-kerstspecial/#!/

Nah setelah acara yang mengharu biru itu dimalam natal, kebiasaan yang dilakukan banyak orang Belanda di hari natal adalah berkunjung ke rumah orang tuanya. Juga bagi mereka yang menikah campur seperti aku ini. Nah berkunjung ke rumah orang tua di hari natal tentu saja tidak bisa kami lakukan karena kedua orang tua kami tidak tinggal di Belanda. Kami tidak merayakan natal karena kami muslim, setiap hari natal kami terkurung di rumah karena pertokoan tutup dan tak ada keluarga yang dapat kami kunjungi. Tapi beberapa hari sebelum natal tiba, Luc merencanakan membuat gourmetten secara anak anak sudah mulai besar dan dapat lebih lama duduk di meja makan.

Semuanya sudah siap, hari rabu kita sudah belanja untuk keperluan gourmetten, namun tiba tiba malam hari menuju hari H, seorang teman menelepon untuk berkumpul di rumahnya di hari natal. Dia bilang let’s make fun in Chirstmast. Maka berkumpulan kami enam keluarga yang tak punya keluarga untuk di kunjungi di hari natal rame rame membuat Turk pizza.

Heboh, tentu saja! Yang paling seru adalah karena anak anak kami ikut nimbrung juga, sementara para suami mentertawakan kami saat melihat kami yang duduk di lantai beralaskan plastik sampah sibuk membuat adonan pizza. Mereka bergidik melihat kelakuan kami, sambil sesekali mereka menyangsikan apakah pizza yang kami buat higienis? Hahaha, entahlah! Tapi yang jelas pizza yang kami hasilkan benar benar lezat, sampai samapi Cahaya bilang super lekker!

Dan kegembiraan di hari natal betul betul komplit, kami makan banyak – nasi-baso tahu-pizza, tertawa over dosis dan tentu saja saling bercerita dengan penuh cinta.

Esok harinya, barulah acara gourmet dilaksanakan. Cinta dan Cahaya membantu menyiapkan meja dengan penuh suka cita. Walau kalah heboh dengan acara kemarin tapi kebahagian luar biasa begitu aku rasakan.

Dan seperti natal sebelumnya, di hari itu banyak di dinding Fb dihiasi oleh aneka ragam gourmetten di meja masing masing dan oh ya khusus hari ini dinding FB juga dihiasi postingan salju pertama di tahun ini di Belanda.

Tak mau kalah dengan teman teman FB, akhirnya akupun menulis tentang gourmetten dan salju, khusus di blog saja, hehehe.

Bagaimana dengan hari natal di daerah kalian? Apakan gourmetten juga?

Turk pizza

Turk pizza

Gourmetten

Gourmetten

Salju  pertama di tahun 2015

Salju pertama di tahun 2015

Advertisements

9 thoughts on “Desember ceria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s