Apabila si dia tidak romantis

Beberapa hari yang lalu, aku berbalas pantun dengan temanku tentang cowok yang merayu ceweknya, tapi membuat kami ‘sebagai penonton’ tersenyum geli mendengar dan melihat rayuannya.

Si A bilang ih dah ga jaman…,
Si B bilang kalo aku yang dirayu kayak gitu ga mempan tuh…….
Si C bilang garing abis………
Si aku bilang……. jadi pengen dirayu!
Hahaha.

Kemudian bermunculanlah tip tips apa yang harus kita lakukan untuk membuat si dia tertarik untuk merayu kita, dari sekedar lucu lucuan hingga serius.

Tapi itulah saat pertama kenal dengan orang yang kini menjadi suamiku, dia bukan orang yang romantis, pun kini setelah kami menikah. Dengan berjalannya waktu dan dengan pengamatan seadanya, aku menyadari bahwa orang Eropa bukan type perayu, mereka tidak mengeluarkan kata kata gombal, mereka tidak membuat berbagai cara agar orang yang ditaksirnya impres pada rayuannya, dan bersusah payah agar orang tertarik pada kata katanya yang semanis madu.

Lalu dari mana anggapan bahwa orang Barat lebih romantis daripada orang Asia?

Mungkinkah mereka melihat dari film film Amerika? Yang begitu menawan hati dalam memanjakan pasangannya?

Tentang memberikan bunga? Oh disini sudah menjadi hal yang biasa orang membawa bunga, seperti halnya seorang suami membawa pisang goreng buat oleh oleh anak dan istri di rumah sepulang kerja.

Dan kemarin sore saat Luc pulang kerja, sesaat setelah menemuiku di ruang tengah, dia bergegas naik ke lantai atas dan membawa koper besar dan menaruhnya tepat dihadapanku sambil tersenyum riang….

Tanyaku,
Apa ini?
Koper… jawabnya masih tersenyum
Aku tau…

Isi dengan baju ganti untuk kita berempat, kau boleh pilih ke negara mana kau ingin berlibur, kita berangkat minggu depan selama seminggu…..

What?

Dan airmataku tiba tiba meleleh diantara haru dan bahagia yang luar biasa.

Kemarin pagi sebelum dia berangkat bekerja, aku mengatakan padanya bahwa beberapa minggu ini aku lelah sekali, dengan kesibukanku sebagai istri dan ibu dari dua anakku. Aku bilang padanya aku bukannya mengeluh tentang menjadi seorang ibu, aku hanya minta advis padanya bagaimana caranya agar aku bisa sedikit santai dan tidak sesibuk ini? Aku ingin bisa mengatur waktu dengan baik. Dan aku akhiri curhatku dengan kata kata, aku butuh liburan…..

Maksudku, hanya jalan jalan kecil saja bersamanya dan anak anak, teringat akan empat buah tiket yang telah aku beli tapi belum aku tunjukan padanya, tiket ke sebuah taman rekreasi di Belanda yang aku beli di supermarket dengan korting 50%.

Kini aku tau tentang satu hal, perayu dan romantis adalah dua hal yang berbeda.

Dia memang bukan perayu, dia tidak pernah melakukan hal gombal padaku, baik dengan tingkah laku ataupun kata kata. Tapi bagiku apa yang baru dia lakukan adalah hal romantis, dia tidak pernah minta izin cuti pada bosnya sebelum mendiskusikannya denganku, dan yang dia lakukan adalah hal diluar normal, dia melakukannya untuk menyenangkan hatiku, bukankah itu hal yang romantis?

Kami bukanlah keluarga kaya raya yang bisa seenaknya merencanakan liburan sesuka hati, disini untuk makan di restaurant pun  kami harus berpikir bijak,  apakah memang perlu?

Ketika aku bertanya, masih dengan wajah haru dan bahagia…

Apakah tidak terlalu berlebihan kita berlibur saat ini? Bukankah dua bulan lalu kita baru pulang berlibur dari Indonesia?

Dan jawabnya,
It’s ok, bukan hal yang salah jika ingin berlibur, dan itu suatu hal yang menyenangkan untuk kita semua, dan bagiku menyenangkan mengabulkan permintaanmu dan membuatmu bahagia………….

Terimakasih kekasihku 🙂

Rotterdam, 4 mei 2012

7 thoughts on “Apabila si dia tidak romantis

  1. Aduuhh, aku meleleh baca cerita nya. Langsung kangen suami 😀 … Dulu aku mendengar bahwa orang Belanda itu dingin, termasuk para pria nya. Tapi setelah mengenal dan menikah dengan pria Belanda, ternyata benar. Dingin… sama perempuan lain, tapi romantis terhadap pasangannya :). Ga gombal berlebihan

  2. Eh lagi-lagi ada kemiripan.., karakter suamiku kayak suamimu juga dalam urusan beginian.. Gak romantis (berdasarkan parameter film Hollywood), tapi selalu tau aja cara nyenengin istri..hehehe.. Tos lagi ahhh..!

Leave a Reply

