Sayur mayur murah

Salah satu keuntungan dari bergaul adalah…. aku jadi tau dimana harus beli sayuran yang harganya jauh lebih murah dari biasa yang aku beli.

Sabtu kemarena aku ke pasar di Grote visserijstraat, setelah aku tak sanggup lagi berdesak desakan di pasar Blaak, karena menurutku setelah Markthal dibuka, rasanya pasar Blaak semakin ramai saja. Dan ternyata pasar yang didapat berdasarkan petunjuk temanku itu banyak menjual sesuatu yang selalu aku buru, apalagi kalau bukan sebangsa cabe rawit dan teman temannya.

Hari itu aku mendapatkan dua bungkus cabe merah dan hijau seharga 1,50 euro saja, begitu ditimbang di rumah perbungksunya 700 gr dan 600 gr. Jika aku beli cabe merah di AH, harga perbungkusnya 99 cent dan isinya hanya 3 biji saja saudara saudara!

Di pasar itu aku berhasil membeli kangkung dengan harga murah, bawang merah, terong ungu, alpukat yang biasanya aku beli 99 cent perbiji di pasar aku bisa mendapatkan 4 biji dengan harga 1 euro. Dan yang lebih membuat diriku serasa di surga adalah saat mataku tertumpu pada tomat hijau yang biasanya sulit dicari, dan harganya lebih mengagetkan lagi cuma 35 cent per kilonya, duh beli dua kilo ga nyampe satu euro.

Cara lain mendapatkan sayuran murah adalah dengan mendatangi supermarket Lidl. Sudah murah dan kualitasnya sangat bagus. Sekitar dua tahun yang lalu saat supermarket Lidl dibuka di dekat rumah kami, Luc tak tertarik sedikitpun untuk belanja di sana, dia tetap setia untuk selalu belanja di supermarket Plus. Kini setelah aku membandingkan bahwa sayuran di Lidl sangat jauh lebih murah dari pada di Plus, aku membagi tugas dengan Luc, secara garis besar tugas belanja tetap menjadi bagian Luc namun untuk urusan sayuran, akulah yang bertanggung jawab. Karena aku masih belum juga punya SIM di Belanda (artinya tidak bisa belanja banyak, berat soalnya kalau harus jalan kaki sambil mengangkat belanjaan) jadi setiap hari aku menyicil beli sayuran ke Lidl setiap habis menjemput anak anak dari sekolah. Kini jika satu hari saja aku tak mengunjungi Lidl Cinta Cahaya selalu menarikku untuk tetap masuk kesana.

Dan tahukah berapa harga kentang 10 kg di Lidl beberapa waktu yang lalu? 1 euro 69 cent saja!!! Kaget? Sama dong. Jika satu euro sama dengan 15 ribu rupiah, maka harga satu kg kentang hanya 2350 rupiah saja. Kentang yang konon dengan kualitas terbaik.

iklannya di folder

iklannya di folder

penampakan kentang setelah ada di rumah

penampakan kentang setelah ada di rumah

Kadang mendengar bahwa harga sayur mayur di Indonesia kadang tak masuk akal, bisa naik secara drastis dan juga bisa sangat murah hingga para petani terpaksa membuang hasil panennya karena tak mungkin dijual. Tanya:  mengapa bisa begitu?

dua bungkus cape 1,50 euro saja!

dua bungkus cape 1,50 euro saja!

Cabe setelah dicuci

Cabe setelah dicuci

IMAG2523

buah delima yg jarang didapat di Indonesia disini cuma 1 euro saja per kilo nya

buah buahan

buah buahan

spruitjes harga marah kurang dari satu euro perbugkus

spruitjes harga marah kurang dari satu euro perbugkus

oseng spruitjes siap disantap bersama nasi putih

oseng spruitjes siap disantap bersama nasi putih

berbagai macam sayuran yg perbungkusnya kurang dari 1 euro

berbagai macam sayuran yg perbungkusnya kurang dari 1 euro, wortel, china kol, sla

tomat hijau yg hanya bisa ditemui di pasar perkilonta 35 cent saja, tomatnya besar besar, sehat, siap jadi sambal hijau ala masakan padang

tomat hijau yg hanya bisa ditemui di pasar perkilonta 35 cent saja, tomatnya besar besar, sehat, siap jadi sambal hijau ala masakan padang

buah buahan setelah nyampe rumah, ada kiwi, alpukat, mangga, perssinasapel

buah buahan setelah nyampe rumah, ada kiwi, alpukat, mangga, perssinasapel, apel

22 thoughts on “Sayur mayur murah

    • Betul Tje, kadang bingung sendiri liat orang orang Indo, banyak banget uangnya😀
      Jadi jajan di luar emang lebih efisien, ga ribet masak klo harganya kadang bisa lebih murah daripada masak sendiri

  1. Buahhh delimaaaa……belom pernah nyoba mba….
    Saking murahnya langsung nyetok ya mba….
    Di indo mah yg bikin pening hatga lemon…hikssss soale aku konsumsi lemon tiap pagi. Skrng masih murah 50rban sekilo…pernah tuh ampe 100rb perkilonya…huhuhu mau nangis dehhh

  2. wah murah banget mbak. Aneh ya padahal di Indo sayur tuh banyak kadang harganya malah lebih mahal loh jangan tanya kalo di supermarket.
    Dan delima, ya ampuuun sekarang udah langka. kalo niat banget sih mesti ngubek ngubek di glodok 🙂

Leave a Reply

