Baju lama jadi baru lagi

Judulnya pengiritan.
Ceritanya Cinta Cahaya perlu baju baru. Tapi sekarang kok maunya pilih sendiri. Setiap ke toko pasti pilihnya rok terus. Kalau bukan rok, mereka merasa tak cantik. Walah centil ya mereka.

Nah bermula sewaktu di Indonesia, baju baju Cinta dan Cahaya memang sudah aku rencanakan tak dibawa ke Belanda lagi. Tapi sewaktu aku beres beres aku mengurungkan niat untuk membawa lagi baju (sweater) bergambar putri salju kembali ke rumah, karena ingat anak anak sangat menyukai baju tersebut. Aku berniat menyambung swater itu dengan kain lain sehingga menyerupai rok, mengingat anak anak selain memakai t shirt mereka selalu menyambungnya dengan rok pendek dibalik moilot yang selalu mereka kenakan, jadi pikirku kenapa ga sekalian saja disambung jadi menyerupai dres.

Saat aku menyerahkan baju bekas anak anak pada ibuku untuk diberikan pada familiku di kampung aku memegang baju si putri salju tersebut seraya berkata pada ibuku, kecuali yang ini aku akan menyambungnya menjadi rok.

Ibuku yang bisa menjahit juga langsung menawarkan diri untuk merombak baju si kembar, dengan senang hati aku langsung berterima kasih pada ibuku.

Begitu melihat hasilnya, bukan aku saja yang puas tapi anak anakpun bergembira, dan langsung meminta t shirt yang lainnya untuk dibuat rok.

Ternyata kemampuanku menjahit tidak sia sia, selain aku bisa berhemat dengan tidak selalu membeli baju di toko untuk Cinta dan Cahaya, akupun bisa membuat baju untuk diriku sendiri, hampir semua baju untuk pesta aku sendiri yang membuat, walaupun sederhana tapi aku merasa nyaman dan selalu menampilkan bahwa inilah ciriku. Dan  teman temanku yang tahu bahwa aku selalu menjahit sendiri mereka selalu menebak baju yang aku kenakan adalah buatan sendiri. Dan itu adalah benar

Berikut beberapa baju yang pernah aku buat dan sebagian aku rombak.

sweater putri salju, yag disambung jadi rok oleh ibuku

sweater putri salju, yag disambung jadi rok oleh ibuku

T'shirt yang disambung jadi rok

T’shirt yang disambung jadi rok

IMAG2468

kaos atasan yang disulap jadi rok

kaos atasan yang disulap jadi rok

saat ultah pertama, dengan baju buatanku

saat ultah pertama, dengan baju buatanku

keduanya buatanku

keduanya buatanku

pyama buatanku

pyama bahan flanel

bahan jean

bahan jean

DSCF6821
DSCF6180

berbahan batik juga ada

berbahan batik juga ada

DSCF6172DSCF6167

Bahkan kelambu dan gorden pun aku buat sendiri untuk kamar Cinta dan Cahaya saat mereka masih ada di dlm perutku

Bahkan kelambu dan gorden pun aku buat sendiri untuk kamar Cinta dan Cahaya saat mereka masih ada di dlm perutku

DSCF1031

jaman hamil

jaman hamil

la ramblapark guellmaastricht

So, adakah diantara kalian yang berhobby membuat baju juga?

33 thoughts on “Baju lama jadi baru lagi

  1. saya baru ikut kursus jahit, mba. pengennya ya bisa bikin baju buat diri sendiri juga. awalnya masih capek sih belajar bikin polanya. moga aja pas bagian jahitnya bisa lebih mengasyikkan 🙂

    • Dulu aku private jadi gurunya cuma ngajarin aku aja, pertama belajar pake pola jerman, tapi aku ga sabaran bikin pola, setelah bikin satu pola, pola itu itu lagi yg di pake, mau nya jahit terus, kadang sampe tengah malem klo dah keasyikan bikin baju. Sekarang apalagi males klo harus bikin pola pake rumus dan ngitung. Jadi suka pake pola jadi yg ada di majalah paling dikecilin dikit hahahaha, ketauan ya malesnya.

  2. Hei Yayang.. Gara-gara obrolan singkat tentang sambel Cianjur, aku jadi mampir ke blog-mu.. Dan ternyata seru..!!! Aku ijin follow ya.. BTW, anak kembarmu mirip banget satu sama lain.. Luar biasa ya.., cantik-cantik lagi.. Ikut seneng lihatnya..

    • Hi Emmy, sambel pembawa persahabatan ya hehehe. Btw aku pun langsung follow blog mu krn tertarik ama namanya crossing borders, kayaknya suka pindah pindah tempat nih😁. Keren blog my bervariasi👍.
      Btw kakakku sekarang tinggal di Cianjur juga karena nikah sama orang cianjur tapi dinasnya ga bisa pindah ke Bandung, jadinya dia yg hampir tiap hari pp Bandung cianjur karena kakakku kerja di Bandung. Dan yang tak npernah terlupakan dari Cianjur adalag bubur cianjur nya, walah ga cukup semangkuk klo makan. Dan sate maranggi tentunya😍

      • Hahaha..lucu..sambel persahabatan… Makasih banyak sdh follow blog-ku juga ya.. Beberapa waktu lalu ada teman blogger lainnya(dulu satu almamater di Unpad Bandung, sekarang tinggal di Perth, tapi kami kenalnya di wordpress ini, kocak kan..) pas tahu aku orang Cianjur dia langsung ngiler pengen bubur Cianjur dan sate maranggi..hahaha..
        Iya nih aku dan suami belum menetap/settle down.., suami kerja di Kalimantan tapi karena jadwal kerjanya yg aneh kami jadinya bolak balik Indonesia-Australia 3x dalam setahun.. Dulu aku juga kerja di Kalimantan tapi beda kota sama suamiku, akhirnya aku mutusin resign karena aneh jadinya suami istri tapi tinggal terpisah.. Lha..koq jadi cerita sejarah gini…hihihi..
        BTW, kakakmu persisnya di daerah mana Cianjurnya… Aku koq familiar ya sama wajahmu.. Kayak pernah ketemu gitu…

      • Wah jangan jangan ketemu di Cianjur lagi hihihi. Aku ke rmh kakakku Baru sakali waktu mudik kemarin, mereka blm lama nikahnya. Jadi belom hapal apa daerahnya, Tapi aku bisa makanan bubur cianjur klo ke Bogor, suka sengaja mampir di bubur pinggir Jalan depan toko manisan, yang dibelokan ga tau jalannya apa.. Itu fotonya ada, aku tulis tentang bubur cianjur kmrn waktu mudik, duh rasanya…. Enak

      • Huaahhhaaaha..aku tau tempat tukang bubur itu.., tapi jangan ketawa ya…, aku malah belum pernah beli/makan bubur yg itu… Biasanya beli dari tukang bubur keliling komplek rumah.., tapi kata orang CIanjur ya sama aja rasanya… Kalo tukang bubur pertigaan tuh yg beli kebanyakan turis Bandung/Jakarta…
        Kapan ada rencana mudik lagi, siapa tau aku juga pas lagi di Cianjur..

      • Ya, kakakku juga bilang gitu, malah dia bilang mending beli bubur yang lewat dpn rumah aja, rasanya sama aja dan selain itu harganya lebih murah. Tahun depan kita ga ada rencana mudik, sedih😭😭, Baru tahun depannya lagi. Ya Siapa tahu kita bisa ketemu ya….

      • Iya kalo beli di situ mungkin sktr 15 ribu kali ya yg paling basic, kalo beli ke tukang keliling sih yg 10 ribu udah yg paling lengkap isinya😃
        Wah kamu masih lama mudiknya.. Semoga bisa ketemu ya..😃

      • Iya sedih banget, pengen sering mudik apa daya berat di ongkos, hiks…. Secara kita harus beli 4 ticket dan harus di musim panas saatnya anak anak libur sekolah… Dan harganya waduh….😥. Jadi mulai tahun ini kita meniatkan skip setiap satu tahun dan mudik ke kampung mertua klo kita ga mudik ke Indonesia. Duh belum apa apa dah kangen Indonesiaku😀

      • Gak apa2..yg penting semua keluarga sehat dan masih bisa mudik meski 2 tahun sekali.. Yg tinggalnya di Indonesia dan mudiknya domestik aja banyak koq yg cuma bisa 2 thn sekali.. Apalagi kamu sekeluarga yg tinggal di luar negeri..😀

  3. wah, keren kamu mbak! bagus-bagus hasil rombakannya 🙂 aku juga pernah merombak-rombak kain gini. tapi minta tolong ke tukang jahit untuk menjahitnya 😀 soale aku kurang paham jahit-menjahit 😀

  4. Keren mba! Menurutku orang yg bisa jahit itu super keren. Dan suka deh sama hasil rombakan baju rok cahaya dan cinta..pengen juga bisa jahit ih….seru kayaknya

  5. dulu mamaku juga sempet tuh bikin2 baju kami waktu masih kecil2, udh aga gedean udah ga ada waktu, aku sendiri kepengen bisa jait, tapi ga sempet kursusnya :p padahal kayaknya lebih buas jait baju dg model yang kita pengenin ya hehehe

Leave a Reply

