5 Tahun

Ini ketiga kalinya hari ulang tahun Cinta dan Cahaya jatuh pada bulan puasa. Ulang tahun anak anak kali ini kami sepakat tak membuat pesta untuk mereka hari ini.

Seminggu sebelum sekolah berakhir (sebelum liburan musim panas) wali kelas Cinta mendatangiku, bertanya padaku apakah Cinta akan berulang tahun dikelas? Bu guru bertanya Cinta berulang tahun tgl 26 juli sedangkan hari terakhir sekolah adalah tgl 18, apakan Cinta akan berulang tahun sebelum tgl 18 atau setelah dia masuk pada bulan september nanti. Mengertilah aku bahwa disini mau bawa traktiran atau tidak sepertinya Cinta akan dirayakan di kelas, aku segera menyanggupinya dan bu guru berkata bahwa jika ingin dirayakan di sekolah harus dirayakan sebelum tgl 17 juli.

Hari kamis tanggal 17 juli Cinta dan Cahaya membawa 30 kue bolu mangkuk yang telah dibungkus plastik transparan dan diselipkan satu buah medali bersama kue bolu tersebut. Mereka dengan bangganya membawa masing masing satu kotak besar berisi 30 kue bolu tersebut ke kelas masing masing.

Siap siap berangkat ke sekolah dengan traktirannya

Siap siap berangkat ke sekolah dengan traktirannya

IMAG2094

Cahaya bisa bernafas lega karena hari itu, dialah satu satunya yang berulang tahun dikelasnya. Tapi tidak bagi Cinta, saat aku datang ke kelas Cinta sudah ada tiga macam traktiran yang terhampar diatas meja, dan menjadi empat macam ditambah traktiran dari Cinta.

Di kelas Cinta sudah tersedia traktiran dari teman yang lainnya

Di kelas Cinta sudah tersedia traktiran dari teman yang lainnya

Saat Cinta pulang sekolah ternyata dia bercerita ada lima orang yang beulang tahun dikelasnya hari itu. Dengan antusiasnya di berkata hampir semua orang berulang tahun dihari yang sama. Hahaha.

Kemudian hari rabu tiga hari yang lalu, datang dua kartu ulang tahun untuk Cinta dan Cahaya, kartu dari sahabatnya Luc. Terharu sekali aku dibuatnya karena mereka selalu ingat ulang tahun kami berempat dan tak lupa untuk memberikan ucapan dan kado.

Hari jumat kemaren, pagi pagi sekali, ada seseorang yang menyelipkan dua buah kado dan dua buah kartu dibalik pintu rumah kami. Kartu ucapan ulang tahun untuk Cinta Cahaya, disitu tertanda buurvrouw dan tiga angka yang menyebutkan nomor rumahnya, bahkan aku tak tau sama sekali nama tetanggaku tersebut. Hari itu juga aku memperbolehkan Cinta dan Cahaya membuka kadonya, masing masing mendapat satu set pinsil warna dan bolpoint. Sebagai tanda terima kasih aku menyuruh si kembar membuat gambar yang kemudian sama sama kami masukan ke kotak suratnya, dengan secarik surat dariku sebagai ucapan terima kasih.

Masih di hari yang sama, datang seorang teman sekolah Cinta dan Cahaya, dan ibunya memberikan kado baju yang cantik dan sisir hello kity untuk si kembar, pesannya untuk dipakai di Indonesia.

Hari ini beberapa temanku dan saudara saudaraku bertubi tubi mengirimkan ucapan selamat ulang tahun untuk si kembar melaluiku. Sungguh aku terharu dibuatnya, aku tak membuat status di FB bahwa anakku berulang tahun tapi mereka ingat hari ulang tahun anak anakku. Aku mengucapkan syukur dan terima kasih yang tak terhingga. Bahagia rasanya mendapat perhatian, padahal aku tak pernah mengganggap bahwa hari ulang tahun adalah sesuatu yang istimewa.

Pukul dua belas siang, kami memutuskan pergi ke centruum karena Luc masih ingin membeli coklat bonbon yang hanya ada di centrum untuk keluargaku di Indonesia, selain itu aku masih perlu tas yang akan dibawa ke kabin yang aman untuk menyimpan uang, beberapa dari temanku menitipkan uang untuk keluarganya di Indonesia dan aku ingin tas yang betul betul aman untuk membawa amanat tersebut. Setelah dari situ kami bermaksud ke toko kue dan memperbolehkan Cinta cahaya memilih kur taart yang dinginkannya. Lucunya sesampainya di toko kue Cinta dan Cahaya hanya memilih masing masing satu buah donat saja. Hahaha.

Di centrum Cinta, Cahaya dan Luc masih bisa menikmati  pofertje kesukaan mereka sedangkan aku sebagai satu satunya yang berpuasa sibuk melihat lihat tas yang ada di depan warung pofertje.
IMAG2119

IMAG2117

Saat kami tiba di rumah di depan pintu sudah ada kartu baru untuk Cinta dan Cahaya, kartu dari Teman kantornya Luc dulu, Sejak Cinta dan cahaya lahir keluarga inilah yang datang mewakili kantornya Luc untuk menengok aku yang sakit setelah melahirkan, sejak itu mereka selalu datang setiap kali Cinta dan cahaya ulang tahun, dan selalu memberikan perhatian berlebih padaku. Beberapa bulan yang lalu Anne menghubungiku bahwa dia tak bisa datang dan meminta kami  untuk berkunjung ke rumahnya untuk menikmati super lucnh bersama keluarga mereka. Ternyata hari itu mereka menitipkan kado untuk Cinta dan Cahaya dan berkata bahwa merka tak dapat berkunjung ke rumah kami karena pada saat Cinta dan Cahaya berulang tahun mereka akan/sedang berada di London. Walau begitu hari ini Cinta dan cahaya masih menerima Kartu ulang tahun dari mereka yang dikirimkan dgn memesan dari internet sebelumnya.

Tak lama setelah tiba di rumah aku menerima telepon dari kawanku yang rumahnya tak jauh dari kami, dia bilang dia mau mampir sebentar ke rumah untuk mengucapkan selamat berlibur pada kami. Lima menit kemudian dia datang sambil membawa Justin anjingnya, dan dia menyerahkan masing masing dua buah kado pada Cinta dan Cahaya, satu kado yang lainnya adalh titipan temanku yang lainnya yang dia titipkan pada tetanggaku itu.

Asli aku terharu sejadi jadinya, mereka sungguh memberikan perhatian yang tak kusangka sangka. Bukan karena mereka memberikan hadiah untuk anak anakku, tapi betapa mereka begitu memperhatikan kami dengan tulusnya.

Pelajaran yang aku ambil hari ini adalah, semoga aku bisa memperhatikan orang lain seperti mereka begitu memperhatikan kami.

Terima kasih keluargaku di Belanda, mereka adalah teman sekaligus sahabat.

Kado dari colega Luc yang aku simpan satu bulan lamanya, mereka menitipkannya untuk dibuka pada saat si kembar ulang tahun.

Kado dari colega Luc yang aku simpan satu bulan lamanya, mereka menitipkannya untuk dibuka pada saat si kembar ulang tahun.

IMAG2123PhotoGrid_1406412747080

15 thoughts on “5 Tahun

Leave a Reply

