De dag van Nationale Rouw

Flowers on Schiphol. Impossible not to cry and feel the pain. The airplanes from AU and NL have just arrived in Eindhoven with the first 40 bodies of 230 found which 80 are children. Flags of each nationality of each victim are hanged on. 16:00hrs, we hear the bells in the whole country, it’s a deep respect sad moment.

Postingan sahabatku Claudia diatas kembali memporak porandakan hatiku. Entah kenapa aku begitu amat sangat emosional atas kejadian MH 017. Selalu kembali pikiranku kesana. Semakin aku menjauh dari berita dan TV tentang peristiwa itu, semakin aku dibuat tak karuan atasnya.

Dan hari ini, setelah aku mendengar dentangan lonceng gereja yang menyayat aku menyalakan TV dan menonton siaran langsung  saat dua pesawat  yang membawa 40 jenasah tiba di bandara Eindhoven. Dua puluh mobil jenasah Mercedes telah berjajar dengan pintu terbuka dan sopir disamping setiap mobil yang berjajar.

King Alexander dan Maxima berjalan tergesa ke tengah lapangan diiringi Rutte dan pejabat lainnya. Aku melihat wajah mereka yang berduka menahan emosi.

Saat jenasah dalam peti yang diturunkan dari pesawat diusung oleh 8 orang berseragam militer berjalan dengan tertib menuju mobil yang telah menunggu hatiku sedikit tentram karena pemerintahan Belanda telah memperlakukan para korban dengan sepantasnya, sedikit membantu perasaan para keluarga yang ditinggalkannya menjadi lebih baik, setidaknya itulah yang aku rasakan.

Selesai kedua puluh mobil tersebut mulai bergerak beriringan, kemudian datang duapuluh mobil jenajah yang lain, kembali berbaris rapi.

Hari ini di Belanda adalah hari berkabung nasional.

Dan aku yakin tak hanya aku saja yang berdoa semoga kedamaian dan kesejahteraan selalu ada di muka bumi ini dan juga tak berarti dengan adanya peristiwa ini kita lupa akan saudara saudara kita di Gaza, aku yakin kalian pun akan selalu berdoa untuk kedamaian di muka bumi ini.

m1mxr0gavtbx_std1024m1mxr0gav5bw_std1024m1mxr0massc5_std1024m1mxr0nae1cb_std1024m1mxr3cac1d9_std1024

Sumber foto dari nu.nl

10 thoughts on “De dag van Nationale Rouw

  1. Aku juga emosi bgt liat siaran berita. Di Dam kmrn ada tocht gt dengan orang2 dari mana mana pakai baju putih, spontan pula. Mewek lagi pas Frans Timmermans pidato….

  2. Aku gak punya tivi, tapi nonton berita disana sini aja udah nyess. Semoga keluraga yang di tinggalkan di beri ketabahan dan banyak doa buat kedamaian di muka bumi

Leave a Reply

