Nijmeegse Vierdaagse

20110719_0489

Kurang lebih lima tahun yang lalu, di bulan juli 2009 beberapa hari sebelum Cinta dan Cahaya berojol, aku menonton berita di TV. Tentu saja saat itu aku belum bisa menyimak berita bahasa Belanda, dan tentu saja Luc yang duduk disampingku berfungsi sebagai penerjemah.

Di TV tersaji beribu ribu manusia berjalan dalam keadaan riang gembira, tua muda, laki perempuan semua bersuka cita, tak sedikit pula para tentara baik yang masih bertugas ataupun yang veteran semuanya berjalan dalam suasana yang menyenangkan.

Kok seperti Bandung Lautan Api? Tanyaku. Acara apaan sih itu?

Ternyata apa yang aku lihat adalah De Nijmeegse Vierdaagse atau terjemahan bebasnya adalah pawai jalan kaki selama empat hari di kota Nijmeegen.

Terus terang aku langsung jatuh cinta melihat acara tersebut di TV. Ada seorang kakek tua yang berjalan dengan pakaian penuh tempelan penghargaan di pakaiannya yang bercerita bahwa dia selalu mengikuti acara jalan kaki tersebut setiap tahunnya sejak dia masih muda dan dia selalu mengikuti acara jalan kaki tersebut hingga tuntas yaitu empat hari. Hebatnya lelaki tua tersebut sudah berusia sekitar 80 tahun.

Vierdaagse Nijmeegen boleh diikuti siapapun, sipil maupun militer. Ketentuan dari acara ini adalah berjalan kaki selama empat hari yang setiap harinya harus dilakukan sejauh 30 km atau 40 km bagi peserta sipil, sedangkan untuk militer sejauh 40 km dengan membawa beban seberat 10 kg di punggungnya atau sejauh 50 km tanpa beban di punggungnya. Tentu saja rute akan berbeda setiap harinya, jadi peserta tak bosan melewati jalan yang sama setiap harinya. Dan masyarakatpun bisa sepenuhnya bergembira dilewati para peserta pawai jalan kaki ini.

Peserta dari acara ini tidak saja diikuti dari negara Belanda saja, tapi dari seluruh dunia. Maka tak heran peserta jalan kaki ini begitu beraneka ragam, bahkan banyak dari peserta luar negeri selalu datang dan datang lagi setiap tahunnya.

Hari ini (15 juli) adalah hari pertama pawai vierdaagse di tahun 2014 yang akan berakhir hari jumat tanggal 18 juli, dan tentu saja di akhir acara akan ada hiburan meriah untuk para peserta khususnya dan masyarakat umumnya.

Walau aku hanya melihat acara tersebut di depan TV tapi tak jarang aku ikut terharu saat melihat peserta yang diwawancari sambil berjalan oleh reporter, ada yang hamil besar, ada yang memperlihatkan kakinya yang sudah bengkak pokoknya seru saja melihat polah tingkah para peserta yang bergembira walaupun sambil meringis mendapati kakinya yang bengkak.

Sejarah Vierdaagse Nijmeegen diawali pada 3 April 1908 saat terjadinya pembentukan Asosiasi Belanda untuk Pendidikan Jasmani (NBvLO) yang kemudian dikenal dengan KNBLO. Dan pada tanggal 1 september 1909 pawai jalan kaki selama empat hari ini diselenggarakan untuk yang pertama kalinya, pada saat itu pawai tersebut lebih dikhususkan bagi militer. Tahun 1928 untuk pertama kalinya terdapat peserta asing pertama yang mengikuti acara ini yaitu peserta asal Jepang. Baca disini

Setiap kali melihat acara ini, ada rasa cemburu dihatiku kenapa Indonesia tidak bisa mempertahankan acara Bandung Lautan Api? Dulu sewaktu aku kecil aku selalu senang melihat Bandung Lautan Api, aku selalu menonton di depan rumah menanti pamanku yang selalu ikut acara Bandung Lautan api setiap tahunnya, tapi semakin aku dewasa peserta Bandung Lautan api semakin berkurang dan bahkan kini aku tak tahu lagi apakah acara jalan kaki Bandung Lautan Api masih ada setiap tahunnya? Entahlah.

Ada yang tahu?

Advertisements

15 thoughts on “Nijmeegse Vierdaagse

    • Rutenya berbeda setiap harinya, tidak hanya ngitarin satu kota tapi ke daerah pinggiran juga, sampe naek naek gunung segala (bukit lebih tepatnya krn Belanda ga punya gunung), setiap harinya temanya berbeda. Jika rute yang dilewati adalah daerah penduduk maka masyarakat sekitar akan memasang meja yang menyediakan air dan makanan kecil bagi para peserta. Pokoknya seru kalo aku lihata di TV, ada yang berjalan berkelompok, pake seragam segala ada juga yang perorangan

    • Acaranya hampir sama dengan Nijmeegse vierdaagse ini, tapi hanya satu hari saja, masyarakat Bandung berjalan kaki dengan rute yang telah ditentukan, pesertanya beragam tua dan muda dan tentu saja veteran juga ikut berpartisipasi. Jaman aku kecil setiap tgl 23 Maret sekolah kami libur karena pihak sekolah mengijinkan murud muridnya ikut serta dalam pawai jalan kaki ini. Acara pawai jalan ini tercipta dalam rangka memperingati kejadian pada tgl 23 Maret 1946 saat itu sekitar 200.000 penduduk kota Bandung membakar rumah mereka Hal ini dilakukan untuk mencegah atau menghalau tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia.
      Jadi istilahnya daripada diduduki lebih baik ancurin aca sekalian hehehe.
      Nah saat aku kecil setiap tahunnya pada tanggal 23 maret, masyarakat bandung napak tilas dengan cara pawai berjalan, kita yang tidak ikut serta cukup menonton di pinggir jalan sambil menyuguhkan air bagi mereka yang jalan kaki ataupun sekedar memberikan cemilan makanan, pokoknya heboh abis

  1. Bos aku lagi cuti seminggu ini karena dia ikutan event ini. Persiapan nya udah dari bbrp bulan yang lalu gitu. Buat aku ini terlalu ekstrim hihihi… jalan 20 km aja udah capek bgt 😀

  2. Tahun 2005 saat saya kuliah di Nijmegen, saya sempat menyaksikan sendiri event ini… Het was heel leuk !! Banyak orang menyiapkan sofa-sofa dipinggir jalan untuk menunggu para peserta melewati jalan didepan mereka dan mereka menyemangati ! Banyak sekali orang-orang yang sudah sepuh (tua) mengikuti dengan sepenuh hati ! 🙂 mooi heh ! 🙂

    • Wah senengnya Sekar bisa liat langsung, mulai di agendakan aah buat liat kesana juga😊
      Nah itu dia, kesungguhan dan semangat mereka yg mesti aku contoh, kadang yg muda malah banyak yang malah dibandingkan yg sepuh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s