Indonesia Memilih

Akhirnya tanggal 5 juli 2014 pun tiba, berbondong bondong warga Indonesia dari seluruh pelosok Belanda yang telah punya hak pilih datang ke KBRI di Denhaag untuk memilih presiden Indonesia pilihan mereka.

Terus terang aku terbengong bengong begitu sampai di KBRI tepat pukul 10 pagi, ternyata antrian sudah sampai ke pintu luar kedutaan. Ramainya minta ampun, padahal undangan untuk menyoblos dimulai pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore.

Tapi inilah kami, bangsa Indonesia di Belanda yang begitu sukacita menyambut hari pemilihan tersebut. Dimulai dengan naik Metro dari Rotterdam hingga centraal station Denhaag dilanjut naik bis yang super padat serasa di Indonesia, karena jumlah penumpang yang membludak dan warna kulit yang sama.

Sampai disana sebelum kami masuk ke antrian kami sudah dihadapkan pada berbagai pedagang dadakan yang menjual berbagai makanan Indonesia, bahkan ada dari mereka yang sudah pesan sebelumnya melalui FB.

Dan pagi itu entah kenapa kami merasa bahagia sekali walau harus berada di antrian yang panjang. Seorang ibu yang telah berkali kali ikut pemilu berujar padaku bahwa tahun ini kedutaan dibanjiri oleh pemilih yang spektakuler, menurutnya di tiga kali pemilihan sebelumnya yang dia ikuti tak pernah didatangi pemilih sebanyak ini apalagi harus sampai antri sedemikian rupa, menurutnya mungkin para pemilih yang lain seperti juga dirinya datang untuk memilih si dia, yang langsung aku benarkan. Oh ya, si dia yang mana? Seru si ibu padaku sambil terus mengejar dengan pertanyaan pilih nomor berapa dek? Kemudian tertawa senang saat mendengar jawabanku.

Jikapun berbeda itu bukan menjadi soal, aku memilih karena berbagai alasan, demikian juga mereka yang memilih tak sama denganku. Tetap untuk tetap fokus dan yakin pada pilihan sendiri adalah kenikmatan yang tiada tara walau dibombardir oleh pemberitaan di TV atau bacaan di media sosial yang biking gerah. Hadapi dengan santai dan dampaknya padaku adalah lucu dan seru saja menurutku.

Hidup Indonesiaku dan jayalah selalu.

Advertisements

10 thoughts on “Indonesia Memilih

  1. udah milih yah?pilih satu lho… jangan dua ntr nggak sah 😀
    bahagia banget ya klo di rantau ketemu banyak sodara setanah air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s