Roparun

Jadwal hari ini adalah berburu sepeda bekas. Kami bermaksud mendatangi toko sepeda di pusat kota.
Setelah berhasil parkir, kami sedikit bertanya tanya akan banyak nya jalan jalan yang ditutup. Aha ternyata hari ini ada lari marathon. Ada kegiatan Roparun.

Apa sih Roparun?
Roparun adalah lari estafet sekitar 520 kilometer dari Paris dan 560 kilometer dari Hamburg ke Rotterdam, mereka yang mengikuti lari roparun merupakan gabungan dari beberapa tim yang mengajak masyarakat untuk mengumpulkan dana bagi mereka yang menderita kanker.

Sebuah tim Roparun terdiri dari maksimal delapan pelari, yang masing-masing menjalankan rata-rata sekitar 65 kilometer. Sebuah tim juga harus memiliki minimal dua pengendara sepeda dan sejumlah orang membentuk tim dukungan. Ini termasuk supir, petugas medis, katering dan ketua tim. Satu tim rata rata berjumlah 25 orang.
Selain tantangan fisik, tim juga harus berusaha untuk mengumpulkan dana. Mereka menyelenggarakan berbagai kegiatan. Misalnya mencuci mobil, melelang berbagai koleksi atau mencari mencari sponsor. Para anggota tim juga harus menjual Roparun tiket undian, Tentu saja hasilnya akan diserahkan  ke badan amal. Baca disini
 
Tiga tim yang mengumpulkan uang paling banyak dan enam tim yang memenangkan hadiah untuk sampai di garis finish tentu saja akan mendapatkan penghargaan di akhir perayaan Roparun, yang berlangsung beberapa minggu setelah selesai. Pada malam itu, jumlah total uang yang diajukan oleh Roparun juga akan diumumkan. Selama dua puluh dua edisi terakhir dari Roparun, lebih dari 57 juta Euro telah berhasil dikumpulkan untuk disumbangkan pada mereka yang menderita kanker.

Roparun adalah singkatan dari Rotterdam Paris Run. Pertama kali dilaksanakan pada tahun 1992, dengan jalur dari Rotterdam ke Paris dengan jumlah peserta 13 tim saja. Dengan beriringnya waktu jumlah peserta lomba kian bertambah tentunya dengan jumlah dana yang semakin banyak dikumpulkan pula.

Sejak tahun 2012 route Roparun menjadi dibalik yaitu dari Paris ke Rotterdam dan juga dengan penambahan tempat start tyang baru yaitu kota Hamburg Jerman. Dan garis finish berakhir di jalan Coolsingel Rotterdam. Tempat kami meneonton tadi siang.

Coba resapi di hati slogan dari Roparun….. “Add life to the days, where often days can no longer be added to the life”
Menambahkan kehidupan ke hari, di mana hari tidak bisa lagi sering ditambahkan ke kehidupan. 

Berikut beberapa foto yang berhasil aku abadikan melalui kamera telepon.

Image
ImageImage
Image

Dan ini para penontonnya, 
Image
Image
Image

Rotterdam, 9 juni 2014
 

 

Advertisements

2 thoughts on “Roparun

  1. wah seru juga ya kayanya, cara penggalangan dana amalnya unik banget. mumpung di indonesia jg lg ngetrend lari-lari, mungkin bagus jg kalau ada yg ngadain ginian, serurun (serang-surabaya run) misalnya

    • Wah ide yang bagus tuh, apalagi kalo diliat karakter bangsa kita yang gampang ngasih dana buat acara acara tertentu, sampe denger denger tukang becak pun bisa mengumpulkan dana. Serurun keren tuh namanya, atau Aparun (Anyer Panarukan Run) sekalian mengingat sejarah jaman Deandels yang bikin kerja paksa bikin jalan antara Anyer sampe Panarukan 😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s