Poscard

Tadi pagi ponakanku minta dibelikan beberapa poscard dari Belanda.
Yg gambarnya lucu dan bagus, tema bisa apa saja. Katanya.
Lalu dia bercerita untuk kado ulang tahun temannya, dia udah keliling kota Bogor dan hanya menemukan di toko buku Gramedia saja, keluhnya.
Saking semangatnya besok dia mau ke Jakarta esok hari untuk berburu poscard.
Walah nak, sebegitu sulitnya kartu pos di Indonesia?

Tapi dia benar, dulu aku pun kesulitan mencari kartu pos.
Kartu pos di Indonesia biasanya hanya berwarna kuning sedikit oranye keluaran kantor pos. Berkualitas seadanya.
Jikalau ingin kartu pos bagus, hanya bisa didapatkan di toko buku besar saja.

Jaman aku sekolah dasar dulu, ayahku suka menerima kartu pos dari teman teman luar negerinya, gambarnya bagus bagus. Ada tulisan kota dimana kartu pos itu berasal. 
Hingga tibalah kesempatan untuk ayahke ke luar negri, dalam urusan pekerjaan tentunya, apalagi kalau bukan buat kesempatan menuntut ilmu dari instansi tempatnya bekerja. Ayahku seorang guru. Negara yang pertama di kunjunginya setelah aku lahir adalah Prancis, pada jaman itu belum banyak anak yang ayahnya dapat kesempatan ke luar negri, dan tentu saja aku bangga saat ayahku mengirimkan beberapa kartu pos ditujukan pada diriku.

Dari situlah aku mulai menggemari kartu pos. Saat SMP aku suka jalan di jalan braga hanya untuk mengecek toko buku tua yang biasanya menjual kartu pos bergambar kebudayaan dan daerah, biasa Bali yang paling banyak dan ada juga yang bergambar batik.

Kini setelah aku tinggal di Belanda, rasanya hampir disetiap pojok toko akan dengan mudah dijumpai kartu pos. Terutama tentu saja toko buku atau toko souvenir.

Mula mula aku selalu membeli kartu pos tersebut jika aku sedang berada di luar negri, dan sekalian mengeposkannya di negara yang aku kunjungi, tujuannya selalu ke Indonesia, siapa lagi kalo bukan untuk ayah atau ibuku. Aku melakukannya tidak setiap kali mengunjungi negara tertentu, tapi hanya kadang kadang saja jika banyak waktu luang di suatu negara tertentu.
Yang membahagiakan dari mengirimkan kartu pos ke ayah dan ibuku adalah mereka selalu bersuka cita jika mendapat kartu pos dari kami, walaupun kadang kadang kartu pos yang aku kirimkan tak sampai ke tangan mereka, entahlah nyangkut dimana.

Dan dua tahun belakangan ini, kegemaranku mengirimkan kartu pos dari setiap negara yang aku kunjungi bertambah dengan membli kartu pos untuk diriku sendiri. Kartu pos dari setiap kota yang aku kunjungi, tak peduli jika kota itu pun berada di Belanda, dan di belakang kartu pos tersebut aku menuliskan tanggal kapan aku mengunjungi kota tersebut maka tak heran jika kemudian aku mendapatkan masih di kartu pos yang sama aku menuliskan berkali kali tanggal yang berbeda.

Ternyata seru mengumpulkan kartu pos untuk diri sendiri. Baru satu negara saja aku sudah mendapatkan lebih dari hitungan sepuluh jari. Contohnya saat aku berada di Spayol wilayah andalusia. Ada Cordoba, Seville, Malaga, dan Huelva. Dari kartu ps tersebut kita bisa tahu kota bersejarah apa saja yang belum aku kunjungi di wilayah Andalusia. Dan kota Almera, Cadiz, Granada dan Jaen menjadi catatanku berikutnya untuk kami kunjungi.

Dari Jerman aku sudah mengantongi kartu pos dari Koln, Dresden, Leipzig dan Hamburg. Dari Portugal yang paling seru karena kami sudah tiga kali kesana dan akan ada tahun tahun berikutnya untuk kembali berkunjung kesana. Ada postcard dari Budapest, kartu pos dari beberapa kota di Cekoslowakia dan yang terakhir tentu saja dari negara Denmark dan Swedia, karena minggu lalu kami baru menghabiskan long weekend kami di dua negara tersebut.

Permintaan ponakanku akan kartu pos membuatku berpikir untuk menambah daftar catatan yang akan aku lakukan jika berlibur di Indonesia.
Apalagi kalau bukan berburu Poscard!
Image

 

2 thoughts on “Poscard

Leave a Reply

