Anthurium (hal turun temurun dalam keluarga kami)

Dulu aku mengenalnya dengan sebutan bunga keladi.
Banyak terdapat di kebun ibuku. 
Saat rumah kami di Gg Empang. Di Jalan Buah Batu. Hingga di Cibiru.
Bunga keladi hias tersebut selalu berada di lingkungan rumah kami.

Ibuku selalu memotong bunga keladi hias tersebut dan menempatkannya di vas bunga, Kadang hanya dua batang saja, dan tak pernah aku menemukan lebih dari empat batang dalam satu vas. 

Suatu hari aku pernah bertanya pada ibuku, mengapa ibu selalu memotong bunga keladi tersebut dan menyimpannya di vas? Bukankah bunga yang telah dipotong akan cepat layu? Sayang sekali kami hanya bisa menikmatinya hanya dua minggu saja, dan setelah itu harus masuk tempat sampah, sedangkan jika kita tetap membiarkannya di kebun, bukankah kita akan bisa lebih lama menikmatinya?

Ibuku menjawab, lihatlah keadaan rumah sekarang, bukankah lebih ceria dan indah dengan kehadiran bunga keladi tersebut?
Aku mengangguk, membenarkan. Rasa nyaman dan damai saat memandang bunga merah menawan langsung aku rasakan sampai hati. Dan sambil lalu ibuku berkata kembali kepadaku, dan memotong bunga keladi dan menatanya di sebuah vas adalah yang selalu nenekmu lakukan. Hingga kini saat aku memotong bunga keladi di taman, aku selalu membayangkan ibuku, nenekmu.

Kini aku melakukan hal yang sama, tak memotong bunga keladi di taman, karena kami tak punya taman, tapi tidak juga memotong dari pot di dalam rumah. Tapi aku membelinya dari toko bunga. Harganya tak semahal di Indonesia. Dan kami selalu menikmatinya setiap hari. 

Mooi, bunda. Kata Cinta suatu hari saat aku memindahkan bunga keladi ke vas bunga.

Dan anganku menerawang jauh, membayangkan nenekku sedang menata bunga keladi di vas bunga, ibuku yang sedang memilih bunga keladi untuk ditata di vas bunga, hingga Cinta dan Cahaya yang aku harapkan akan melakukan hal yang sama.

Merangkai bunga keladi, secara turun temurun. Hmmmm 

Image

 

Leave a Reply

