Super Woman

Pemandangan biasa lihat ibu ibu di Belanda yang bersepeda dengan keranjang yang penuh dengan belanjaan. Belum lagi anak balitanya yang ikut dibonceng, tak hanya satu bahkan bisa dua sekaligus.

Di Rotterdam, bangsa pendatang terutama yang dari Timur Tengah, tak banyak para ibu yang berseliweran bersepeda dengan mebawa belanjaannya, mereka lebih senang jalan kaki berbelanja di daerah sekitar yang dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Kalaupun tak bisa dijangkau kaki, mereka lebih suka naik kendaraan umum.

Aku mulai berpikir untuk bersepeda, setelah sekolah saat ini, teman sekolahku orang Spanyol dan China yang selalu menyarankan naik sepeda, karena setiap hari rabu, aku harus keluar kelas 15 menit lebih awal dari yang lainnya. Hal itu dilakukan jika aku keluar kelas seperti jam biasanya maka aku akan terlambat menjemput Cinta dan Cahaya karena setiap hari rabu mereka sekolah setengah hari saja.

Dan keinginanku untuk bersepeda semakin kuat saat aku melihat ketabahan dan kegigihan teman bahasa belandaku sewaktu di Indonesia dulu, dia sudah biasa bersepeda di Belanda ini, benar benar menyesuaikan dengan tata cara hidup di Belanda yang dianggapnya positif, bersepeda kemana mana, berbelanja tanpa menunggu suami dengan bersepeda seorang diri atau kadang bersama anak balitanya. Dan malam hari ia masih bersekolah.

Dan hari ini, inilah belanjaannya. Di tengah angin besar yang datang di hari ini, dia memperlihatkan belanjaannya di toko lengkap dengan beras 20 kg, kentang 5 kg dan lain lain.

Image

 

Tetaplah semangat para ibu, para wanita Indonesia, semoga semua yang kita jalani adalah berkah adanya.

 

Rotterdam, 9-1-2014

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s