Consultatiebureau

Datang ke consultatiebereau alias pos yandu adalah hal yang rutin dilakukan para orang tua di Belanda yang mempunyai anak balita.
Dan hal itu pula yang kami lakukan, datang ke pos yandu membawa Cinta dan Cahaya.

Consultatiebureau adalah sebuah klinik kesehatan untuk anak anak dibawah 4 tahun. Kunjungan ke pos yandu itu sudah ditentukan waktunya sesuai dengan usia si anak. Ada 13 kali kunjungan ke pos yandu dalam kurun waktu 4 tahun tersebut, tentu saja frekuensi awal kelahiran lebih banyak dibanding saat mereka menginjak umur yang lebih banyak.
Berikut jadwal kapan saja kami harus datang ke pos yandu, saat anak anak berumur: 4, 8 minggu, 3, 4, 6, 8, 9, 11, 14, 18 bulan, 2, 3 dan 4 tahun.
http://nl.wikipedia.org/wiki/Consultatiebureau

Karena aku tertahan di rumah sakit selama dua bulan setelah melahirkan, tentu saja moment datang untuk pertama kali ke pos yandu bukan aku yang mengantarkannya, Cinta dan Cahaya didampingi Luc dan ayahku (kakek) ke pos yandu untuk pertama kalinya saat mereka berumur 8 minggu, karena saat mereka berumur 4 minggu mereka masih berada di rumah sakit.

Setelah aku berada di rumah, dan tentu saja setelah ingatanku sedikit pulih alias dapat berpikir jernih kembali, aku mendengar dari berbagai pihak bahwa dokter dari consultatiebureau, juga dokter pribadi kami datang ke rumah kami, beberapa hari setelah si kembar datang ke rumah sedangkan aku masih berada di rumah sakit, mereka berkoordinasi bersama Luc untuk menangai si kembar selanjutnya, bahkan salah satu dokter dari pos yandu memberikan nomor telepon pribadinya jika terjadi sesuatu pada Cinta Cahaya, suatu hal yang tak biasa.

Dan karena Cinta dan Cahaya tak bisa langsung pulang ke rumah dan harus berada di rumah sakit selama satu bulan lamanya, maka hak aku untuk mendapatkan layanan kraamzorg pupus sudah.
Kraamzorg merupakan perawatan setelah melahirkan, pelayanan ini datang ke rumah selama tiga sampai satu minggu setiap harinya untuk membantu ibu dan memberikan intruksi apa saja yang sebaiknya dilakukan para orang tua untuk merawat bayinya. Mulai dari cara memandikan, memberi susu dan perawatan lainnya, biasanya layanan kraamzorg bersatu dengan asuransi kesehatan yang kita punya.
Saat aku hamil tujuh bulan, Luc sudah membuat janji dengan pihak kraamzorg dan pihak kraamzorg datang untuk melihat keadaanku dan layanan apa saja yang akan aku dapatkan saat melahirkan nanti.
http://en.wikipedia.org/wiki/Kraamzorg

Mungkin karena kejadian yang tidak biasa menimpa diriku saat melahirkan, sebagai akibatnya aku menjadi lebih dikenal di consultatiebureau. Saat aku berada di supermarket, tiba tiba seseorang menepak pundakku, saat aku beberbalik aku mendapatkan dokter pos yandu tengah berdiri dihadapanku, dan kami mengobrol sesaat, padahal aku datang sendiri saja ke situu tanpa Cinta Cahaya atau Luc. Dia dapat mengenal diriku tanpa dua krucil disekitarku.
Pada hari Koninginedag, disaat kami saling sikut sana sini karena membludaknya orang orang yang tumpah ruah, kami dikejutkan dengan panggilan ramah milik salah seorang yang bekerja di pos yandu yang biasanya mengukur dan menimbang anak anak dan juga membuatkan jadwal kunjungan selanjutnya alias asfpraak, dan dia dapat memanggil nama belakang Luc dengan benar ke arahku.

Pada hari kunjungan terakhir ke pos yandu, aku dibuatkan janji pada tengah hari, itu artinya aku akan datang tanpa ditemani Luc ke pos yandu, karena Luc sedang bekerja dan aku menyanggupi. Biasanya kami minta pagi pagi sekali sehingga Luc dapat mendampingiku saat ke pos yandu.

Perasaan sentimentil merasukiku saat membawa Cinta Cahaya untuk terakhir kalinya ke sana. Teringat betapa perhatiannya mereka yang bekerja di pos yandu padaku. Berjalan di lorong pendek dimana dinding yang ditempeli berbagai informasi berada, aku suka sekali melirik didnding tersebut, karena aku ingin melihat kartu lahir (geboortekaart) Cinta Cahaya yang kami kirimkan ke pos yandu masih tergantung disitu, bayangkan hingga mereka berumur 4 tahun, kartu itu masih tergantung disana.
Image

Kartu Cinta dan Cahaya yang masih terpasang di dinding pos yandu

Kartu Cinta dan Cahaya yang masih terpasang di dinding pos yandu

 

Seperti biasa saat kami datang kesana kami disambut dengan ramah, dan untuk yang terakhir kalinya kami mengobrol banyak dengan pekerja disitu, kofie yang biasanya ditawarkan oleh administrasi disitu, hari itu aku mengangguk mengiyakan, mengobrol mengenai apa saja kegiatanku saat ini selain perkembangan Cinta dan Cahay tentunya.

Hari terakhir itu Cinta Cahaya boleh memilih hadiah apa yang mereka mau antara boneka dan kacamata, dan Cinta Cahaya memilih kaca mata untuk mereka bawa pulang. Lucunya saat aku bercerita dengan dua orang temanku (mereka sama sama mempunyai anak usia 4 tahun dan datang ke pos yandu yang sama denganku) mereka tak mendapatkan hadiah seperti halnya Cinta dan Cahaya.

Dan hari terakhir kami datang ke pos yandu, membawa kenangan tersendiri bagiku. Teringat saat itu di bulan puasa tahun 2013 aku berjalan bersama Cinta Cahaya menyusuri sudut sudut jalan di Overschie, berjalan menuju rumah. Kami begitu dalam keadaan senang, dan aku melangkah dengan yakin, seyakin yakinnya untuk selalu memberikan yang terbaik bagi Cinta Cahaya. Mendampingi langkah mereka dengan penuh keyakinan. Aku diberi sehat, aku harus selalu ingat bagaimana cara Tuhan memberikan kesempatan kedua bagi diriku untuk merawat Cinta Cahaya. Semuanya sudah diatur oleh yang maha Kuasa. Aku hanya harus menjalaninya dalam koridor yang benar. Itu saja. Dan semua akan baik baik saja.
Image
Cinta, berapa berat badanmu?

Image
Cahaya, berapa tinggi badanmu?

Image
Image
Bermain dulu sebelum masuk kamar dokter.

One thought on “Consultatiebureau

  1. Love this story…beautiful moment…beautiful mind…wonderful life…hope the best for u n family…always.

Leave a Reply

