Dinner

Sabtu dan minggu sudah seperti ritual tak ada kegiatan di dapur untuk menyiapkan makan malam.
Hari itu adalah dimana aku bisa keluar dari tempat tidur jam berapapun aku mau, setelah sholat subuh dulu tentunya.
Soal makan untuk hari tersebut, giliran Luc yang berpikir.
Tapi dia selalu ingin pesan ga mau repot atau cukup ambil di MacD aja, beres.

Tapi hari ini aku punya mangga, bawaan temanku dari pasar kemarin.
Keliatannya keras, enak buat Mango Salad.
Dan aku juga punya ayam panggang sekilo yang telah dipanggang dari hari kamis dan belum disentuh secuilpun gara gara hari kamis Cinta dan Cahaya makan malam di sekolah dan karena kami lebih suka menghindari para orang tua yang juga disediakan makan dan minum di sekolah, maka kami lebih memilih keluar dari area sekolah dan mencari tempat makan yang tidak terlalu rame untuk makan berdua saja (walah temapat makan yang tidak terlalu ramai tak jua kami temukan, karena para orang tua yang juga menghindari kumpul kumpul mencari juga tempat makan yang lain)

Ok kembali ke acara hari ini, hari minggu yang kelabu, turun hujan dan Luc tak mau keluar rumah untuk mencari makanan, maka aku menawarkan makan ayam panggang yang telah dua hari berada di kulkas, penawaran itu langsung diiyakan oleh Luc sambil tertawa dan berkata, oh ayam yang telah nongkrong dua hari di kulkas ya?
Hihihi, ketauan! Tapi tenang aja, akan ada makanan lain selain itu, seruku!

Maka mulailah aku membuka kulkas, buka freezer.
Dan mendapatkan daging gepuk yang tinggal di oven selama satu jam dibawah suhu yang rendah, yang aku masukan dalam satu kali putaran bersama ayam panggang.
Mendapatkan satu tempe yg aku beli minggu lalu, dan tentunya ada juga tauge dan mangga yang dibawa temanku kemaren.

Dan hari itu, selama satu jam aku sibuk di dapur, inilah hasilnya….
Ayam panggang
Gepuk manis yang aku buatkan saos sate padang untuk Luc
Tempe mendoan yang super lezat
Kerupuk udang yang aku goreng saat itu
Sambal terasi yg membuat mata melek
Dan mango salad thailand yang pedasnya tak terkira

Image

Image

Image

Cinta dan Cahaya ikut membantu menata meja, seperti biasanya. Hanya kali ini mereka menambahkan dua buah tempat lilin hasil karya mereka di sekolah dan juga tissu, seperti kerstdiner bundaaaaaaaaa serunya.

Image

Dan hari itu, kami begitu menikmati makan malam dengan seru, tanpa teriakan teriakan Luc pada Cinta Cahaya untuk menghabiskan makan mereka atau sekedar mengingatkan untuk tidak memainkan alat makan yang ada di hadapannya. Saling bercerita dengan seru. Membiarkan anak anak bertanya banyak pada kami, mendengarkan cerita mereka dengan sabar, dan ikut tertawa bersama saat Cinta berkata, bunda aku juga mau makan pake tangan seperti bunda, yang langsung dia praktekkan, tentunya dengan memasukan kelima jarinya ke mulutnya, kemudian aku mengajari Cinta bagaimana caranya, tapi dia tetap tidak berhasil mempraktekkan yang aku ajarkan, malah Cahaya yang berhasil, dan tentunya mendapat tepukan semangat dari Luc.

Image

Hari itu, bukan saja aku menyelamatkan euro yang tak perlu aku keluarkan untuk makan diluar seperti yang sering kami lakukan di hari weekend, tapi juga kami berhasil menciptakan makan malam yang menyenangkan.
Kemudian makan malam tersebut kami tutup dengan minum teh tubruk tong tji dari Indonesia lengkap di teapot ala China yang sebagai hadiah dari salah seorang kawanku di Jerman saat mereka berkunjung ke rumah kami.

Image

PS.
Banyak manfaat jika kita mau sedikit meluangkan waktu saja untuk melihat isi kulkas yang kita kira tak ada bahan bahan yang bisa kita masak, percayalah setiap kita membuka kulkas kita selalu mendapatkan apa saja yang bisa kita makan dari situ.

Leave a Reply

