Kerupuk

Kebayang gak bikin kerupuk sendiri?
Aku pernah. Gara gara bikin pempek gagal pake tepung beras. Karena hasilnya jadi keras, barulah aku sadar bahwa aku salah memasukan tepung yang seharusnya tepung tapioka malahan tepung beras. Mulailah proses pembuatan kerupuk aku mulai, pempek gagal itu aku masukan ke foodprossesor untuk dipotong setipis mungkin. Kemudian aku masukan oven dengan suhu sangat rendah, dengan tujuan untuk dikeringkan sebagai pengganti penjemuran dibawah sinar matahari. Setelah kerupuk mentah tersebut tibalah proses penggorengan. Dan hasilnya tralaaaaaaaa, kerupuk ikan terbuat dari tebung beras yang renyah, sangat sungguh lezat.

Aku juga pernah membuat kerupuk pedas, gara gara sepulang dari Indonesia kena virus kecanduan makan kerupuk ma Icih yang super pedas. Maka dimulailah percobaan bikin kerupuk pedas sendiri dan hasilnya cukup menggembirakan.

Aku juga pernah membuat kue kembang goyang, yang walaupun bentuknya tak secantik dengan yang biasa dijual tapi untunglah rasanya lebih enak.

Dan hari ini, gara gara aku melihat postingan kerupuk banjur, tak kuasa air liurku meleleh. Terpikirlah untuk segera membuat kerupuk banjur alias kerupuk siram dengan sambal oncom yang encer. Oncom tak ada maka sebagai gantinya aku menggunakan tempe, sambal tempeku ternyata lebih lezat dari yang pernah aku rasakan di Bandung. Entahlah mungkin karena sudah lama tak mencicipi kerupuk banjur tak heran hari ini aku sungguh menikmati kerupuk banjur dengan sambal buatan sendiri.

Jadi teman teman, jika kalian rindu makanan kampung halaman kalian dulu, tak usah gundah, buka internet, tanya mbah google dan hoplaa dengan sejuta kemauan makanan itu akan tersedia di rumahmu.
Selamat berkuliner.

Rotterdam, 11-11-2013

Kue kembang goyang rasa asin

Kue kembang goyang rasa asin

home made kroepoek

home made kroepoek

kerupuk siram alias kerupuk banjur

kerupuk siram alias kerupuk banjur

Leave a Reply

