You are beautiful, kamu hanya berada di negara yang salah

Setelah Luc berhasil memindahkan TV online yang biasanya hanya bisa aku tonton di komputer, sekarang bisa di tonton di TV, makin lengkaplah acara TV di Indonesia yg berhasil aku tonton di Belanda, dan sekarang saat Cinta Cahaya tidur tibalah diriku jadi upik abu buat beres beres ditemani acara TV mulai Opini TV One, Kabar kabari dan Cek n Rechek di RCTI disambung  Metro atau Trans buat liat berita dan diteruskan Insert.

Masih sama seperti dulu, dunia selibritis selalu menampakan ke glamoran para artis Indonesia bukan artis jaman dulu yang benar2 artis tapi ga tau siapa yang muncul di TV (mungkin karena pengaruh usia juga yg lebih tertarik melihat orang orang seusiaku dibanding yg jauh lebih muda) dan tadi pagi Opini membahas tentang operasi plastik dan kiat kiat mempertahankan kemudaan, eh begitu juga kabar kabari yang membahas Dewi persik melakukan suntik sana suntik sini biar pipinya lebih tirus dan hidung mancung katanya.

Karena acara TV itulah, yang membuat diriku teringat di masa muda dulu, entah waktu SD atau SMP saat aku membaca artikel di majalah Gadis dengan judul “Kamu bukannya tidak cantik, tapi kamu berada di negara yang salah”, sebagai ABG waktu itu dimana kulit putih mulus adalah ukuran cantik seseorang dan sebagai remaja kecil waktu itu aku mempercayai opini tersebut, sehingga selalu berkali kali keluar pertanyaan pada ibu, “Bu kenapa kulitku tak seputih ayah dan ibu atau kakak2ku?” Dan selalu jawaban ibu, karena kau special……..kenapa ingin kulit putih? toh kulitmu lebih putih dari teman2mu yang lain…….. atau warna kulit bukan ukuran kecantikan seseorang, cowok akan melihat kita klo kita pintar atau  kata kata mujarab lainnya yang biasa dikeluarkan seorang ibu buat anak gadis kecilnya. Dan sebagai seorang anak yang dilahirkan dari orang tua yang berkulit putih, aku berharap kulitku putih seperti mereka.

Dan dari artikel yang aku baca itu sungguh membuka mataku, agak terheran heran membacanya bahwa perempuan di negara yang berkulit putih (eropa) menginginkan berkulit coklat seperti orang asia, mereka melakukan berbagai cara agar bisa mempunyai kulit coklat.

Dan disinilah aku berada, di salah satu negara Eropa, dimana ukuran kecantikan tidak diukur dari kulit putih, dan benar adanya bahwa sebagian dari mereka melakukan usaha untuk membuat kulit mereka sedikit gelap, mulai dari cara natural berjemur hingga kulit gosong atau melakukan sinar seluruh badan atau juga mandi air coklat dan hasilnya begitu keluar dari shower badan kita kayak dicat. Ada ada aja usaha mereka, dan bagi kita orang asia kita cukup percaya diri dan bisa sedikit sombong, hey aku ga bule seperti kamu walau dalam hati mungkin mereka bisa juga menjawab…hey aku ga kate kayak kamu hehehe.

Masih tentang Dewi Persik yang berapi api menjelaskan bahwa dia ingin punya pipi seperti Paris Hilton dan dia menjelaskan dengan gayanya yang sangat antusias, aku malah teringat akan Jessica Simpson saat dia bicara tentang Paris Hilton. Dulu waktu Jessica masih jaya jayanya, ada acara TV yang mengungkap kehidupan Jessica dan suaminya  Nick Lachey (sekarang dah mantan suami) sampai Sophia Latjuba saat akan menikah dengan siapa(lupa lagi namanya, bule amerika yang ninggalin istrinya demi Sophia) dia bilang akan bikin acara opera soup seperti Jessica, menguntit selama tiga hari persiapan pernikahannya sampai hari pernikahannya dan akan disiarkan secara eksklusif oleh salah satu station TV di Indonesia, Sophia bilang ya mirip mirip seperti Jessica Simpon lah ucapnya bangga. Kalau Sophia yang begitu antusias akan Jessica Simpson, hampir sama antuasiasnya dengan suamiku saat bicara mengenai Jessica Simpson (dalam konteks yg berbeda)…….. she is sooooooooooooooooooooo stupid, oh oh i can not imagine gimana bisa orang mengidolakan orang sebodoh dia? Hey hati hati klo bicara, aku sedikit membela sang bintang, dia cantik, baik dan menyenangkan belaku sambil menambahkan, toh dia bisa menjawab dan berbicara dengan lancarnya saat menceritakan sesuatu, dan langsung jawabanku menjadi skak mati buatku….. yah dari jawaban dialah dan dari apa apa yang dia bicarakan lah yang membuat kita tahu sebodoh apakah dia……..klo dia bicara tentang nothing dengan semenarik apapun dia membawakannya tetap saja menggambarkan otaknya yang kosong, begitu ungkap suamiku. Dan bagaimana dengan Paris Hilton yang menjadi idola Dewi Persik? Dia menjadi icon anak muda saat ini? Pendapatku, dia berhasil membangun icon tersebut, dia menciptakan keglamoran dari ayahnya seorang Hilton dan di America kesuksesan dan ke glamoran para selebritis yang banyak dibidik anak muda saat ini yang membuat Paris begitu terlihat istimewa, dan sepertinya itu juga yang terjadi dengan Indonesia saat ini. So sesuatu yang glomor akan terlihat indah. Dan menurut pendapat Luc dan satu temannya (Belanda asli) tentang Paris Hilton….not pretty at all!

Dan saat nonton acara Jon and Kate plus eight, acara kegemaran kami berdua karena menceritakan kesibukan keluarga dengan 8 anak dari dua kali melahirkan (satu kali kembar dan yang kedua kali sixplet), aku bercanda pada suamiku……..hmmmmmmm mungkin aku mesti memikirkan operasi perut seperti Kate, lihatlah dia setelah melahirkan berperut sepertiku jadi gendut tapi setelah operasi dia langsing kembali seperti belum melahirkan…….. dan langsung diteriaki Luc……No! Tidak boleh operasi! Why? rajukku, dengan operasi jadi cantik kan…….. dan jawabnya…..your belly is beautiful, itu tempat dulu Cinta dan Cahaya tinggal…….kelak bila mereka besar mereka ingin mengelus juga tempat tinggalnya………sambil berkata bangga, kami bangga pernah dilahirkan dari perut Bunda………

Oh Luc, you are so sweet, dan masih penasaran aku memburu dengan pertanyaan lain, so kamu jatuh cinta padaku karena aku berkulit coklat? tantangku, dan jawabnya tidak seromantis yang aku kira………No,  bukan karena kamu berkulit coklat…….tapi because you are smart woman…………..hahaha sekali lagi ibuku benar, aku dipertemukan dengan orang yang tidak melihat warna kulit atau rasku, tapi dia melihat diriku dari sudut yang lain, even aku tidak sepintar Sri Mulyati, hanya staff biasa sewaktu aku kerja dulu, bukan juara kelas sewaktu aku sekolah (tapi tetap berada di lima besar “dgn sedikit bangga”), tapi setidaknya dia melihat diriku bukan yang tampak dari luar…….

Rotterdam, 30 September 2010

Advertisements

4 thoughts on “You are beautiful, kamu hanya berada di negara yang salah

  1. Kulitku coklat kak, dan temen temenku sendiri ngeledekin kulit coklat aku padahal udah sering aku bilang “biarin kulit aku gini kan eksotis , bule aja sampe tanning segala buat punya kulit coklat”
    Tapi mereka pada bilang “sekarang kamu bukan diluar negeri,kamu di indonesia, jdi pemikiran kaya gitu gak berlaku ” . Aku jadi sedih dan jadi usaha banget buat mutihin kulit kak…
    *eh maaf ya kak, aku jadi curcol gini heheheh
    Btw thanks banget kak , tulisan kakak membuat aku jadi percaya diri dengan kulit eksotisku heheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s