Another Royal Weding

Image

Tiga hari berturut turut (21, 22, 23 oktober 2013) berjuta pasang mata mengikuti pernikahan agung keraton Yogyakarta.
Ribuan Warga Antusias Ikuti Kirab Kereta Kencana.
Ribuan Angkringan Makanan Ikut Memeriahkan Kirab Kereta Kencana.
12 Tahap Prosesi Pernikahan Agung Keraton Yogyakarta.
Kesakralan Selimuti Kirab Kereta Kencana Kerapon Yogyakarta.
Pernikahan GKR Hayu – KPH Notonegoro Hiasi Media Asing.

Itu sebagian judul headline di koran online yang aku baca.
Kalau sudah membaca soal kebahagian dan kegembiraan, hatiku akan selalu ikut berbahagia. Senyumku akan mengembang, aku juga menikmati wawancara antara kedua mempelai dengan presenter berita di TV one kemarin sore. Sedikit membuka tabir siapa sebenarnya GKR Hayu dan KPH Notonegoro. GKR Hayu puteri keempat dari lima puteri pasangan  Hemengku Buwono X dan GKR Hemas konon adalah gadis yang pendiam namun tomboy, yang hobi main game yang bersekolah di Amerika. Dalam wawancara antara keduanya dengan TV One, jelas sudah terlihat sang pendamping pria adalah seorang yang cerdas, dan aku setuju saat sang putri melontarkan pujian pada pasangannya…. he is a charming person! Juga saat pewawancara bertanya, apa kalian akan melupakan Indonesia beserta budayanya karena sehabis pernikahan mereka harus kembali ke New York? Dan sang arjuna berkata dengan berada di luar negri bukan berarti mereka lupa akan budaya Indonesia dan apa apa yang berbau Indonesia justru dengan ada di luar negeri mereka mersa semakin cinta akan budaya Indonesia.

Dan itu pulalah yang terjadi pada diriku. Rasanya aku semakin cinta mati Indonesia. Semakin menghargai bahwa Indonesia terdiri dari macam suku, semakin cinta pada suku suku yang lain, dulu rasanya hanya suku Sunda dan Jawa yang paling oke. Walaupun tak pernah membenci suku suku yang lain, namun ada rasa bahagia karena dilahirkan di tanah Sunda, pun ketika meruntut bahwa aku hanya punya seperempat darah Sunda di tubuhku. Kini aku melihat semua suku adalah istemewa. Lebih open mind, istilahnya.

Sebagai penyuka cerita dongeng, aku bahagia dengan pernikahan mereka. Semoga menjadi pasangan yang langgeng dan bahagia.

Rotterdam. 24 Oktober 2013

Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s