Satu ons bukan 100 gram?

Tiba tiba saja dua hari terakhir ini, aku disibukkan membuka  banyak site di internet mengenai berapa gram sih sebenernya satu ons itu?

Kepenasaranku itu disebabkan aku baru membaca link dari seorang teman dengan judul 1 ons bukan 100 gram – Pendidikan yang menjadi boomerang.

Setelah aku membaca catatan tersebut aku segera searching dan benar saja semua site yang aku baca menunjukan bahwa 1 ounce adalah 28,35 gram bukan 100 gram. Saat itu aku tidak berpikir apakan ons sama dengan ounce? Pikiranku  malah dipenuhi dengan memori jaman dulu kala saat aku masih duduk di Sekolah Dasar. Saat aku melihat agenda ayahku dari Prancis, di halaman awal agenda tersebut terdapat kalender untuk satu tahun yang sedang berlangsung dan juga satu tahun ke depan, kemudian terdapat satuan satuan metrik yang sebelumnya belum pernah aku lihat. Tapi aku tetap tertarik pada agenda itu, semakin aku baca semakin aku geli karena kemudian aku menemukan ‘ons’ bukan 100 gram. Aku bertanya pada ayahku rumus apakah ini? Ayahku menjawab bahwa itu hanya satuan ukuran yang digunakan secara Internasional dan juga digunakan di Indonesia, katanya ‘ons’ yang ada di agenda itu bukan ukuran kiloan seperti yang biasa aku temui di warung warung. Baru beberapa tahun kemudian ketika aku sedang mengerjakan PR Fisika aku menemukan ‘ons’ tersebut lagi. Kataku bagaimana mungkin 1 ons bukan 100 gram? Ayahku hanya tertawa kemudian mengeluarkan buku hitam kecil dari lemari bukunya, bukan agenda seperti yang aku lihat dulu, ini buku kecil yang lebih tua, bersampul hard cover berwarna hitam yang sudah tidak hitam lagi dan lebih menyerupai warna abu abu, dengan lembaran kertas yang sudah menguning, kemudian ayahku memperlihatkan sistem metrik , 1 ounce sama dengan 28,35 gram (terus terang apakah aku ingat bahwa itulah yang tercantum di buku pada saat itu? But sure i must believe bahwa mungkin angka itulah yang tercantum pada buku hitam kecil itu)

Di hari hari selanjutnya jika aku mengerjakan PR bersama ayahku, ayahku akan menunjukan buku hitam kecil itu, ingat bagaimana aku diajarkan menghitung Celcius jika dikonversikan pada Fahrenhait pada Kelvin dan juga pada Reaumur,  ayahku selalu menunjukan cara berhitung seperti yang ada pada buku tersebut.

Kembali pada masalah satu ons bukan 100 gram itu tadi, setelah membaca keterangan keterangan yang ada di internet aku begitu yakin bahwa 1 ons memang bukan 100 gram. Hingga tadi pagi saat suamiku akan pergi ke kantor dan setelah kami mengantar Cinta dan Cahaya ke sekolah dan yang akan di diantarkan selanjutnya adalah aku, dalam perjalanan menuju sekolahku aku bertanya pada Luc, berapa gram sih 1 ons itu? Saat Luc menjawab dengan yakin 100 gram, maka tergelaklah aku penuh kemenangan, nah akhirnya bisa juga dia menjawab salah  (sungguh aku tak pernah habis pikir kenapa Luc selalu menjawab dengan benar setiap pertanyaan yang aku pikir dia tak tahu jawabannya? Persis ayahku dulu, beliau selalu tahu semua hal). Maka Ucapku sombong, bukaaannnnnnn 1 ons adalah 28,35 gram!

Dan tiba tiba Luc berkata tak kalah sengitnya… Wacht wacht even bedoelt je ounce of ons? Dia bertanya maksudmu ounce atau ons? Ons, jawabku. Satu ons seratus gram, kalau 1 ounce baru 28,35 gram! Begitu kata Luc dengan yakin. Karena ons bukan ounce!

Saat itu juga aku seperti dipukul palu godam. What???? Oh oh oh Yayang betapa tak koreksinya dirimu, ternyata ada dua arti ada dua tulisan yang berbeda dan disitu terdapat konversi yang berbeda. Ons betul betul diambil dari bahasa belanda. Dan ukuran di belanda memang menggunakan metriek stelsel alias metric system atau jaman sekolah dulu disebut sistem metrik atau ukuran SI kata Pa Tito guru Fisika jaman SMA dulu. International Metric System of SI Units

Jadi memang ada dua arti, di belanda memang 1 ons adalah 100 gram, dan kalau bicara ounce memang benar juga 1 ounce sama dengan 28,35 gram. Cara pengucapannya atau prounounce nya yang kadang membingungkan kita. Dari cara pengucapan yang salah itu yang kemudian kita salah artikan bahwa ons adalah ounce. 1 ons = 100 gram, Belanda 

Terlepas dari salah kaprah antara ons dan ounce mungkin alangkah lebih baiknya jika kita belajar lebih teliti lagi. Karena negara Indonesia adalah  negara bekas jajahan Belanda maka tak heran jika mereka masih menggunakan 1 ons adalah 100 gram itu tidak salah, dan seingatku guru di sekolahpun tidak mengajarkan mengenai ons, aku mengetahui bahwa 1 once adalah 100 gramm justru di warung warung jika si penjual mengguakan bandul kiloan. Di sekolah kita dibiasakan menghitung dalam gram, dalam deciliter, dalam kilogram, hekto, mili, centi dan lain lainnya. Jarang orang bertanya berapa pond berat kamu? Berapa inci (inch) tinggi kamu? Selalu pertanyaan tersebut berbunyi berapa kilogram berat badanmu? Dan biasanya terutama wanita menjawab malu malu…. misalnya 80 kilo (sambil menjawab lirih, dan tersenyum malu), dan juga tidak menjawab 5 kaki tinggi badan saya, selalu dijawab misalnya  satu setengah meter alias 1,5 meter dan lain lain dan sebagainya.

Lalu negara mana saja sih yang menggunakan satuan ukuran yang ‘aneh’ dan membingungkan itu? (menurutku) Yeaaaahhh bayangkan saja, feet (kaki), cup (cangkir) apa bukan ukuran yang membingungkan? bagaimana kalau kakinya lebih pendek, bagaimana kalau kakinya lebih panjang? Atau bagaimana kalau cangkirnya kecil atau malah cangkir jumbo seperti di rumah makan Ampera atau warung tegal? Lucu kan…. Hahaha tentu saja tidak begitu karena ukuran tersebut sudah ada standarnya dengan jelas dan kembali akan dikonversikan ke dalam meter, kilogram dan lain lain, kembali ke metric system. Nah ternyata ada tiga negara yang menggunakan ukuran lain selain metric system, negara tersebut adalah Amerika, Liberia dan Myamar (baca: negara yang tidak menggunakan metric system)

Dan setelah membaca ulang blog yang aku baca kemarin (satu ons bukan 100 gram), aku mengerti kegelisahan yang diungkapkan penulis, dan aku setuju jika dalam pendidikan tetap diharuskan mengambil acuan pada sistem metrik, karena memang itulah sistem metrik yang diakui resmi di Indonesia, masalah ons dan ounce adalah masalah prounounce saja, dan hingga saat ini yang aku tahu hanya di belanda  saja yang menggunakan 100 gram sama dengan 1 ons (ingat bukan ounce). Dan ons disini memang benar benar berasal dari bahasa belanda.

Image

Leave a Reply

