Sendok

Pesan Hilman Hariwijaya sang penulis Lupus,

Jika kau kabur dari rumah bawalah sendok, niscaya ibumu akan mencarimu….

Membaca itu aku dan kakakku terpingkal pingkal, berjanji pada ibuku kalau kabur dari rumah tak akan membawa sendok dari rumah sehingga ibuku tak merasa kehilangan sendok, hahaha

Membaca sebuah cerita dalam Chicken Soup Soul,

Seorang ibu selalu mempersiapkan makan malam lengkap dengan sendok garpu piring terbaik yang ada di rumahnya.

Saat anaknya bertanya, ‘mengapa kau selalu menggunakan piring dan garpu untuk kami seperti menjamu tamu istimewa?’

Ibunya menjawab, ‘karena kalian lebih istimewa dari raja dan ratu sekalipun…’

Membaca cerita itu, ibuku segera menurunkan piring, gelas, sendok, garpu dari lemari pajangan.

Menyingkirkan gelas, piring, sendok dan garpu yang selama ini kami pakai sehari hari dan menggantikannya dengan apa yang dulu ada di lemari pajangan.

Dan tentu saja mang Entis yang paling berbahagia karena bisa menghadiahkan lungsuran alat rumah tangga dari ibuku kepada istrinya tercinta di kampung.

Sementara aku, berjanji dalam hati…

Jika berumah tangga nanti, aku akan selalu mempersiapkan makan malam terbaik lengkap dengan alat alat terbaik yang aku punya untuk keluargaku.

PS.

Ya, aku menjalankan janjiku, aku tak membedakan piring sendok dan garpu untuk tamu yang berkunjung ke rumah kami dengan apa yang kami gunakan sehari hari. Tentu saja mana mungkin aku membedakannya karena hanya itulah bestek yang aku punya…. itupun peninggalan Luc pada jaman bujangan dahulu kala hahaha.

Jadi seumpamanya Cinta atau Cahaya suatu hari nanti membawa kabur sendok yang ada di rumah, aku tahu dengan pasti dan tentu saja akan kehilangan 🙂

Rotterdam, 24-10-2012

Leave a Reply

