Aku anak sholeh? Tanya nya

Beberapa hari ini,

mereka tak merengek lagi tiap pagi minta ke sekolah.

Aku tak perlu lagi berkali kali menjelaskan, sekolah tutup nak, kalian libur hampir dua bulan lamanya, berapa malam lagi harus tidur hingga masuk sekolah? Masih banyak sayang….

Beberapa hari ini juga,

mereka sibuk di kamarnya.

Bikin projekt mewarnai, menggunting kertas koran iklan, menempel hingga membuat surat dan kartu. Untuk nenek, untuk nenek, untuk oma Angela, untuk kake, untuk Anemone, untuk Anemone, untuk Anemone lagi, lagi Anemone. Dan serunya, bunda aku harus mengeposkan kartu ini buat Anemone. Ya, sayang biar bunda yang simpan nanti kalo kita keluar rumah kita poskan bersama ok?

Mereka senang, tak tau bahwa bundanya tak mengirimkan kartu kartu yg mereka buat seluruhnya, hanya beberapa saja, jika tahun baru tiba atau special moment penting lainnya.

Dan beberapa hari ini juga,

mereka banyak tertawa berdua, betul betul have fun berdua, menari sampe jumpalitan, main dokter dokteran, bongkar pasang baju baju barbie, masak masakan, semuanya selalu diiringi ketawa ketiwi.

Begitu waktu tidur tiba, mereka bertanya sambil memegang pipiku erat,

Bunda, hari ini aku baik ya? Tak menyebalkan?  Niet nakal, bunda? Aku anak sholeh?

 

Ya Tuhan, kadang aku lupa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang telah engkau berikan. Kenapa mereka kadang bertanya seperti itu padaku? Ya, jika emosiku dalam puncak yang tak dapat ku kontrol kadang aku berkata… kenapa kalian nakal sekali?

Bukankah tugasmu Yayang sebagai orang tua yang harus mengarahkan mereka untuk berjalan di dalam track yang benar? Harus mengajarkan jujur dalam segala hal? Karena kini sudah banyak orang pintar dan hebat, tapi ternyata tak jujur. Bukankah sekarang kita semakin menyadari bahwa kita lebih kagum pada mereka yang menjaga kejujurannya.

Upsss, aku memandang tumpukan kartu kartu buatan Cinta Cahaya untuk Anemone. Katakan dengan jujur bahwa kartu kartu tersebut masih bertumpuk di lemari.

Anak anakku, bunda akan selalu melafalkan…. anak sholeh anak sholeh anak sholeh pada kalian … agar seperti itulah kalian.

 

Image

Leave a Reply

