Moeder dag – Hari Ibu

Menjelang hari ibu…..

Hari jumát tgl 6 Mei,

Me: Tadi ada pos dateng, nganter paket gede banget, isinya apa ya? Tanyaku sambil senyum simpul.

Luc: Paket nya atas nama siapa?

Me: Namamu……

Luc: So, don’t thouch!

Me: Boooooooooooooo……….. pasti buat aku kan, hari minggu nanti kan moeder dag!

Luc tak menjawab hanya tertawa terbahak bahak.

Hari Sabtu tgl 7 Mei,

Di sebuah pesta ulang tahun anak temanku di Arhnem.

Ibu A: Besok akan datang orang ke rumah buat beli seluruh peralatan bayi bekas anakku, mulai dari ledikatje, etenstoel, buggy, komode, alles. Kenapa dia mesti dateng pas moeder dag? That’s my day! Dan siangnya aku mesti ke rumah ibuku buat merayakan hari ibu dan memberikannya kado.

Ibu B: Hmmmmmm bicara tentang moeder dag, kado apa yang akan aku dapet besok ya?

Ibu C: Ya, anakku yang di bassischool pasti akan kasih aku hasil gambarnya di sekolah dan akan selalu ada tulisan… voor mama, ik hou van jouw. Pasti akan selalu membuatku terharu…….

Ibu D: Andai hari ibu tiap hari…………. enak sekali, dapat makanan di tempat tidur di pagi hari, dapat kado, ga masak, rileks…..

Tiba hari H, Hari Ibu, Hari minggu tgl 8 Mei 2011

Sesudah sholat shubuh aku tertidur lagi, sudah biasa kebluk hehehe

Jam 8 pagi, Luc datang bersama anak anak, begitu membuka pintu dia berteriak … Selamat Hari Ibu, betul betul dalam bahasa Indonesia yang benar. Sementara Cinta Cahaya lebih tertarik pada ruang tidur kami yang mungkin baru dua kali mereka ingat pernah mereka masuki, hari ini dan hari ulang tahunku.

Luc keluar lagi setelah mengantarkan anak anak disisiku, kembali lagi sambil membawa nampan berisi breakfast, balik lagi dan kembali lagi dengan box besar dari pak pos jumát kemarin.

Ya, tentu aku terharu, bukan karena aku dapat omelet, orange juice, teh panas manis, dan tiramisu di pagi hari. Atau box besar yang ternyata berisi Bola Dunia besar antik yang dari kecil aku impikan. Bukan hanya karena itu.

Tapi juga karena aku teringat ibuku. Seorang ibu dimanapun sama, dibelahan bumi manapun juga, akan selalu melindungi anak anaknya, walau dengan cara yang berbeda. Dan yang aku dambakan, aku ingin bisa melindungi Cinta Cahaya dengan cara yang benar, mereka belum genap dua tahun tapi aku mulai kesulitan untuk mendidik mereka dengan bijaksana atau apapun yang menurut literatur tertulis, seperti mudah tapi ternyata luar biasa sulitnya untuk diterapkan secara persis seperti dalam teori.

Seperti dalam teori……. berusaha bersikap baik terhadap ibu, berikan kejutan menyenangkan di hari ibu atau hari special lainnya, dan setelah menjadi ibu adalah….. aku ingin setelah dapat sarapan menyenangkan di tempat tidur, kado suprise dan kedatangan Cinta Cahaya di tempat tidurku, aku ingin….tidak membereskan dapur berantakan seperti kapal pecah setelah Luc membuat omelet tadi pagi, tidak berpikir keras untuk menyiapkan makan sore untuk Cinta Cahaya.

Ya, seorang ibu hanya berharap, anak anaknya selalu sehat, dalam keadaan baik dimanapun mereka berada, selalu bahagia dengan pilihannya, selalu berdoa dan mengharapkan yang terbaik untuk mereka semua, berusaha bersikap adil terhadap semua anak anaknya.

Seorang ibu tidak berharap timbal balik. Mereka hanya tersenyum saat harus kembali membereskan dapur yang berantakan luar biasa karena membuat hadiah untuknya. Kembali menjalankan rutinitasnya sehari hari tanpa banyak keluh.

Dan aku ingin menjadi orang seperti itu, seorang ibu yang tidak banyak mengeluh, orang yang dapat melihat dunia dengan penuh damai, walaupun seumpamanya aku bukan seorang ibu, aku ingin menjadi seseorang yang tak banyak mengeluh. Dan itu tidak mudah!

Kasih ibu

kepada beta

tak terkira, sepanjang masa

Hanya memberi

tak harap kembali

bagai Sang Surya, menyinari dunia

Terima kasih karena (aku) dan kami semua terlahir dari seorang ibu yang luar biasa…….

Selamat hari ibu dimanapun kalian berada…..

http://en.wikipedia.org/wiki/Mother’s_Day#Indonesia

PS: Moedar dag di Belanda selalu dirayakan di awal minggu bulan Mei, tidak melihat tanggal berapa tapi yang jelas selalu jatuh pada hari minggu.

Rotterdam, 8 Mei 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s