Happy Motherday – Tak ada hari libur untuk seorang Ibu

Dua minggu yang lalu hari terakhir anak anak masuk sekolah sebelum libur musim semi selama dua minggu, bu guru memberikan empat buah kado berbungkus kertas kado warna pink, sambil berkata ini kado dari Cinta dan Cahaya untukmu, kado moederdag, dibukanya dua minggu lagi ya………

Aku menjawab, terimakasih bu guru nyampe rumah langsung buka ah……

Dan langsung direspon…. neeeeeeeee

Tentu saja, aku tak membukanya dan segera melupakannya.

Hingga hari ini.

Luc datang dengan setangkai mawar di nampan lengkap dengan sarapan pagi beserta kado dari anak anak.

Mungkin semua ibu di Belanda akan mendapat perlakuan yang sama sepertiku hari ini.

Bukan merupakan sebuah suprise lagi.

Tapi melihat apa yang dibuat anak anak selalu membuat hatiku mengharu biru.

Dan kini aku bertanya pada diriku sendiri, apakah anak anakku akan bangga pada diriku seperti halnya diriku yang membanggakan ibuku?

Apakah mereka akan memuja diriku seperti halnya diriku memuja mereka?

Apakah mereka akan memaafkanku dengan keterbatasan yang aku miliki seperti halnya aku selalu memaafkan mereka?

Ibuku tak pernah mendapat sarapan di tempat tidur dari kami anak2nya kecuali saat dia sakit.

Ibuku tak pernah mendapat bunga dari kami saat hari ibu.

Dan aku lupa apakan aku pernah menggambar atau membuat sesuatu di hari ibu.

Yang aku ingat setiap tanggal 22 desember, hari ibu yang diperingati di Indonesia, kami datang ke sekolah dengan berkebaya ala Dewi Sartika, yang kami ingat saat itu adalah berkebaya dalam rangka memperingati hari ibu!

Dan kini setelah menjadi seorang ibu, …. tak ada hari libur untuk seorang ibu!

Terdengar seperti berkeluh kesah rasanya, tapi sungguh aku tetap memilih tak ada hari libur daripada tidak menjadi seorang ibu.

Selamat hari ibu kepada semua perempuan yang ada di dunia

Rotterdam, 13 Mei 2012

Lieve mama

Kreasi buatan Cinta Cahaya Tempat lilin yg diwarna cat air Dan tempelan yg diisi puisi ‘Mijn mama’ mijn mama is van mijn Ze maakt me altijd blij Mijn mama is ook heel erg lief Ik ben haar eigen hartendief een lief kusje… Cinta Cahaya
2 thoughts on “Happy Motherday – Tak ada hari libur untuk seorang Ibu

  1. almost crying while read this post…… salam kenal kak…..aku suka membaca postingan tentang ibu dan anak…..even i am a single woman tapi aku punya pengalaman mengurus adikku yg “bontot sekali” yg lahir saat aku smp. i love kids

    • Aawww, jangan sedih bacanya, ayo bergembira lah…..
      Oh sama dong, dulu adikku lahir saat aku kls 6 sd, bisa dibilang aku bungsu gak jadi. Tapi menyenangkan sekali punya adik…. Salam kenal juga Vera….

Leave a Reply

