Where is Suriname country???

Waktu aku masih di Sekolah Dasar, setiap aku ke toko Singgalang yang di jl Karapitan, selalu saja aku tidak lupa melemparkan pandangan ke Bola Dunia yang di pajang di etalase toko Singgalang, selalu menarik perhatianku. Pada kali kesekian aku melongok pandanganku ke si bola dunia tersebut, aku memberanikan diri untuk bertanya berapa harga si bola dunia tersebut, dan ternyata menyampai angka yang tidak pernah aku bayangkan.

Aku kecewa tentu saja, tapi bukan Yayang namanya klo ga nyari akal untuk dapat bola dunia, jadi pada kesempatan lain aku ke Singgalang dan ayahku memperbolehkan aku memilih alat sekolah yang aku butuhkan, maka aku memilih penyerut pinsil yang diatasnya dihiasi bola dunia mini, ta apalah masih terlihat lukisan pulau pulau mini di bola dunia tersebut.

Dan saat aku telah bekerja, dan punya uang untuk membeli barang yang dulu impossible aku beli, maka toko pertama yang aku datangiĀ  sebagai penebus cita cita masa kecil adalah Toko buku, aku datang ke Gramedia untuk mencari bola dunia asli seperti yang aku lihat semasa kecil, tapi bola dunia yang aku temui tidak seperti harapanku di masa kecil, yang aku lihat hanya terbuat dari plastik, tidak kokoh seperti yang aku lihat dimasa kecil. Ibuku menyarankan agar aku mencari di toko buku jaman dulu yang ada di Jl. Braga. Dan hingga kini hunting untuk mencari “Globe asli” belum tercapai juga.

Dan kini keinginan untuk membeli bola dunia kembali menggelitik hatiku, gara gara aku ditertawakan Luc karena aku menjawab salah dimana negara Suriname berada.

Sungguh aku baru tau kalau Suriname berada di belahan Amerika Selatan, selama ini aku kira Suriname berada di benua Afrika. Suriname tentu tidak asing bagi kita bangsa Indonesia karena dalam pelajaran sejarah sejak kecil kita tahu bahwa penjajah Belanda membuang tahanan orang orang Indonesia khususnya orang Jawa ke daerah yang dinamakan Suriname, dan karena kini aku tinggal di Belanda dan banyak menjumpai orang Suriname, dari mereka yang turunan Jawa Suriname mereka masih menggunakan bahasa Jawa, bagiku mereka seperti leluhurku (kakek) yang berbahasa Jawa.

Jadi Yayang, jangan sampai salah menjawab lagi, Suriname bukan berada di Afrika seperti yang aku kira dulu. Bukan berada di benua negara Ghana (Afrika) berada. Tapi berada di benua negara Guyana berada (Amerika selatan). Suriname bertetangga dengan Brazil, Guyana dan Venuzuela.

Kelak aku kan membuktikannya sendiri, datang ke negara Suriname dan betul betul memastikan bahwa dia berada di Amerika Selatan, seperti pesan ibuku dulu saat aku bilang bahwa aku belum juga mewujudkan cita citaku sewaktu kecil untuk membeli bola dunia, ibuku hanya menjawab dengan ringan………. jangan khawatir karena belum mempunyai bola dunia seperti yang kamu inginkan, kelak kamu akan menjelajahi dunia yang dulu kamu lihat di etalase kaca benar benar dengan kakimu sendiri! Terbang lah Yayang…… Jelajahi dunia, dimanapun kamu berada, kamu berada di bumi Tuhan.

Terima kasih ibu, untuk selalu menyuruhku terbang.

Rotterdam, 17 April 2011 (dinihari)

Waaaaaawwwww benar benar tepat jam 0.00

Leave a Reply

