Titanic – Antartika – Atlantis, Madagaskar – Afrika, Karibia – Somalia – Columbus

Aku punya mainan baru. Ya, si bola dunia. Bermain main bersama globe ternyata mampu menjawab banyak pertanyaan pertanyaanku dimasa kecil, sekaligus mematahkan perkataan ‘aku kira’ yang ternyata aku kira benar ternyata salah besar.

Seperti ada dimana benua antartika? Kebanyakan tentu akan langsung menjawab ada di kutub selatan. Tapi tidak denganku, aku selalu mengira antartika ada di kutub utara. Dalam pikiranku tergambar jelas antartika ada di atas rusia berdekatan dengan greenland, iceland dan negara negara dingin lainnya. Kemudian memoriku dikaitkan dengan film Titanic saat screan menggambarkan Kate Winslet akan terjun ke air yang diikuti adegan Leornado yang bersiap siap untuk terjun juga, membuka sepatu dan jas nya sambil berkata…. huhh aku tidak takut untuk ikut terjun tapi aku takut pada dinginnya air laut Atlantis……* kira kira seperti itu percakapannya* Mungkin dari film itu juga yang menguatkan pikiranku akan keberadaan benua Antartika yang sangat luas. Ya tentu, tenggelamnya kapal titanic karena menabrak gunung es dalam perjalannya dari Inggris ke New York. dan lihatlah di bola dunia, jalur tersebut hanya lurus saja tanpa benua antartika di atasnya seperti perkiraanku dulu. masih terbingung bingung karena menurutku titanic selalu dikaitkan dengan antartika, yang kemudian memaksaku untuk membaca sejarah tenggelamnya kapal titanic.

http://id.wikipedia.org/wiki/RMS_Titanic

Lucunya setelah jelas membaca tentang sejarah Titanic, aku masih penasaran dengan men-search kenapa aku selalu mengira titanic jatuh di dekat benua antartika dan jawabannya ternyata masih banyak orang yang berpikiran sama denganku, contohnya gambar gambar berikut ini, ada penguin yang hidup di benua antartika sedang berjemur sinar matahari dan disebelahnya berlayar kapal titanic hahaha.

Image

http://www.shutterstock.com/pic-25293511/stock-photo-penguins-sunbathing-in-antarctica-titanic-at-the-back.html

Dan juga judul dari sebuah harian di London ” ‘Titanic’ terror of Britons saved in Antarctic rescue after cruise ship struck iceberg”. Hihihi mungkin penulis harian tersebut mempunyai pemikikiran yang sama denganku (Titanic tenggelam di antartika) atau mungkin juga hanya bermaksud penyelamatan kapal Briton di antarika bagaikan teror titanic, karena sama sama menabrak gunung es.

http://www.thisislondon.co.uk/news/article-23422732-titanic-terror-of-britons-saved-in-antarctic-rescue-after-cruise-ship-struck-iceberg.do

Masih dengan melihat lihat mainan baruku, aku menemukan Madagaskar. Senyum malu kembali menghiasi mukaku. Aku kira Madagaskar betul betul bersatu dengan benua Afrika yang besar itu. walaupun benar berada di daerah di benua Afrika, tapi ternyata Madagaskan hanya berupa pulau saja.

Dari Madagaskar, pencarianku ditujukan dimana lautan karibia berada, hanya karena teringat cerita Si Mata satu, Perompak asal Karibia. Ternyata lautan karibia ada di sebelah bawah florida ke arah barat laut menuju Venezuela di Amerika Selatan. Keberadaan pulau pulau kecil yang disebut kepulauan karibia, memungkinkan para perompak tumbuh subur di daerah tersebut. Karibia yang dikenal juga dengan nama India Barat, pertama dinamai oleh Christopher Columbus yang mengira dia telah mendarat di India, padahal dia telah mencapai di Amerika.

http://en.wikipedia.org/wiki/Caribbean

Dan berbicara tentang para perompak, aku teringat akan berita baru baru ini mengenai perompak Somalia yang baru saja membajak kapal MV Sinar Kudus milik Indonesia. Ingatanku kembali ketahun lalu saat berita berita di Belanda diramaikan oleh bayaknya kapal yang dibajak oleh pembajak Somalia, selalu digambarkan perompak Somalia adalah perompak yang kejam, dan begitu banyak perompak Somalia yang berhasil ditangkap pihak Belanda dan digiring ke penjara Belanda, sebagian dari perompak tersebut merasa bersyukur dan bahagia telah dijebloskan ke penjara Belanda, yang menurut mereka jauh lebih tentram dan nyaman dibandingkan kerasnya kehidupan mereka sebelumnya di lautan.

Saat aku kembali melihat ke si Bola dunia, kenapa banyak kapal yang terjaring perompak Somalia, ternyata karena kapal yang akan menuju Eropa dari arah Asia, akan melewati daerah Somalia untuk memasuki terusan Suez, dan tentu saja setiap kapal yang akan ke Eropa akan melewati Port Belanda terlebih dahulu, dan itulah sebabnya mengapa Belanda disebut Gerbang Eropa.

Dan cobalah baca penjelasan mengenai Perompak Somalia, disitu sudah ditulis lengkap kapal apa saja yang berhasil mereka sandera, dan berita terbaru mengenai MV Sinar Kudus sudah tertulis.

http://id.wikipedia.org/wiki/Perompak_Somalia

Dan masih mengagumi hadiah Moeder dag untukku, saat si Bola Dunia tersebut di sambungkan ke stopkontak, maka bola dunia tersebut akan menyala, bola lampu yang ada di dalam bola dunia tersebut kemudian dapat menampakan garis garis rute perjalanan para penjelajah dunia, seperti Columbus, Tasman, Cook disertai tahun dimulainya penjelajahan hingga berakhir. Cerdik sekali si pembuat bola dunia untuk membuat garis garis rute itu tidak terlihat, metoda yang sama diperlihatkan pada lembaran uang kertas untuk membedakan mana mata uang asli dengan yang palsu.

Terima kasih Luc, karena telah membaca tulisanku ‘Where is Suriname country?’ (tulisanku terdahulu) sehingga dikau tau, betapa aku menginginkan bola dunia seperti impian semasa kecil.

So, saat Luc bertanya, ‘what other country do you want to visit?’ Dan segerombolan jawaban yang diiyakan Luc sambil tersenyum membuatku bahagia.

1. Saudi Arabia (Mecca) for haj

2. Jepang, untuk kedua kalinya, ketiga kalinya……… still the best country ever visit, pokoknya fantastis lah menurutku

3. China

4. India

5. Swiss

6. England

7. South Africa

Dan yang lainnya tidak begitu penting bagiku. Kecuali off course Indonesia, negara dan tempat dimana aku ingin kembali, (liburan setahun sekali tak akan pernah cukup hihihi). Dan semua negara yang aku sebutkan tentu saja ingin aku kunjungi bersamamu my love……….

Image

Rotterdam, 10 Mei 2011

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s