Daylight Saving Time

Pertama kali aku mengalami perubahan “waktu dimajukan” saat aku berada di Barcelona. Saat itu ada di akhir bulan Oktober, receptionist hotel mengingatkanku bahwa aku harus check out satu jam lebih awal dari waktu yang ada di jam tanganku. Agak kaget dan sedikit bingung, kenapa waktu yang ada di sekitarku tiba tiba saja berubah satu jam lebih awal. Ketika dia menjelaskan hari ini adalah akhir dari waktu musim panas, aku semakin tidak mengerti. Untunglah gadis muda cantik yg sedang menjelaskan padaku, seorang yang sabar atau lebih jelasnya seorang yang profesional yang mengerti pekerjaannya untuk memberi informasi pada penghuni hotel dimana dia bekerja sebaik mungkin.

Jadi seorang Yayang yang pada waktu itu masih seorang gadis petualang, dan baru pertama kali bertandang ke Eropa cukup suprise dan senang dapat sesuatu yang aneh dalam hidupnya. Ya bagaimana mungkin waktu bisa dimajukan dan dimundurkan dalam satu tahun selama dua kali.

Dan hari ini adalah kebalikan dari kejadian waktu di Barcelona, tadi malam tepat jam 2 pagi, seluruh jam yang ada di rumah kita harus dimajukan satu jam ke depan, jadi jam 3 pagi, artinya mulai hari ini musim dingin telah berakhir dan akan datang musim semi dan musim panas.

Waktu Musim Panas yang dikenal di Amerika Utara sebagai Daylight Saving Time (DST), adalah sistem yang dimaksudkan untuk “menyimpan cahaya siang hari” di musim panas. Karena itu di Eropa sistem ini dikenal sebagai “Waktu Musim Panas”. Waktu resmi dimajukan (biasanya) satu jam lebih awal dari zona waktu yang resmi dan diberlakukan selama musim semi dan musim panas. Hal ini dimaksudkan untuk lebih menyesuaikan jam ketika hari masih terang dengan jam kegiatan kerja dan sekolah. DST biasanya digunakan di wilayah yang suhunya sedang, karena perbedaan yang cukup besar antara masa hari terang dibandingkan gelap sepanjang musim di wilayah-wilayah tersebut.

http://en.wikipedia.org/wiki/Daylight_saving_time

Jadi selamat datang matahari, bagi mereka yang tinggal di negara yang tidak selalu merasakan sinar matahari, musim semi dan panas adalah musim yang membahagiakan. Selamat tinggal jaket jaket tebal……. selamat datang baju baju tipis, es serut surinam, sendal jepit dan keceriana BBQ……… Musim panas hampir tiba!

(Ditulis pada tgl 27-3-2011)

Advertisements

2 thoughts on “Daylight Saving Time

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s